Peringati HAN ke-40, Mahyeldi Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pemenuhan Hak Anak

Peringati HAN ke-40, Mahyeldi Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pemenuhan Hak Anak

TOPSUMBAR – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) ke-40, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengadakan acara “Panggung Ekspresi Anak Sumatera Barat 2024”.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam memenuhi hak-hak anak di wilayah Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Acara ini kami adakan sebagai bentuk nyata perhatian pemerintah dalam menyediakan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka. Inilah yang terus kami dorong melalui berbagai program dan kegiatan di Pemprov Sumbar,” ujar Mahyeldi saat meresmikan acara di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Kamis 29 Agustus 2024.

Mahyeldi menekankan bahwa pemenuhan hak-hak anak sangat penting karena mereka adalah generasi penerus yang akan memajukan keluarga, bangsa, dan peradaban.

Membangun generasi yang kuat dan kompetitif adalah tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat, terutama orang tua.

“Inilah esensi dari peringatan Hari Anak, memastikan bahwa setiap anak mendapatkan haknya, minat dan bakat mereka didukung, serta mereka merasa aman dan bahagia. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” tegas Mahyeldi.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Inhendri Abas, menyatakan kebanggaannya karena Tanah Datar dipercaya sebagai tuan rumah untuk puncak peringatan HAN ke-40 tingkat provinsi tahun 2024.

“Kami sangat berterima kasih karena Tanah Datar diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah puncak peringatan HAN ke-40 tahun ini. Ini akan menjadi dorongan bagi kami untuk memastikan hak-hak setiap anak terpenuhi dengan optimal,” kata Inhendri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas D3AP2KB Sumbar, Herlin Sridiani, menjelaskan bahwa peringatan HAN ke-40 tingkat provinsi Sumbar tahun 2024 berlangsung selama satu hari penuh dengan tema “Panggung Ekspresi Anak Sumatera Barat 2024” dan tagline “Kembali Ceria dan Bergembira”.

Herlin juga merinci berbagai kegiatan yang telah disiapkan untuk menyemarakkan acara ini, termasuk lomba menulis esai untuk siswa SD, SLTP, SMA/SMK/SLB.

Kemudian lomba Panggung Ekspresi Forum Anak, penghargaan Forum Anak Terinovatif dan Kreatif, penampilan marching band, pameran dan bazar, talkshow parenting, permainan tradisional, temu ramah, pembacaan SAI, serta penampilan gerak dan lagu.

“Semua kegiatan ini kami selenggarakan untuk memberikan ruang kreativitas bagi anak-anak di Sumbar, sambil tetap mengutamakan sisi edukatif,” jelas Herlin.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait