Pengurus IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya Dikukuhkan, Acara Berlangsung Semarak

TOPSUMBAR – Pengurus Ikatan Keluarga Padang Panjang, Batipuah, dan X Koto (IKAPPABASKO) Jakarta dan Sekitarnya periode 2023-2028 dikukuhkan.

Acara pengukuhan yang digelar di gedung serbaguna Senayan, Jakarta, pada Minggu, 4 Agustus 2024 kemaren berlangsung semarak, baik dari segi rangkaian acara maupun dari segi kehadiran pengunjung.

Dari segi rangkaian acara, turut dilakukan peluncuran edisi perdana majalah RANAH Pabasko, majalahnya Pabasko Jakarta dan Sekitarnya berisi informasi seputar ranah Pabasko dan rantau.

“Alhamdulillah, pengunjung yang datang mungkin sekitar 1.500 orang. Salah satu indikatornya, Majalah RANAH Pabasko yang dicetak 1.000 eksemplar habis terdistribusikan,” ujar Ketua Panitia Acara Aksi Sosial dan Pengukuhan Pengurus IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya, Eddy Yatman, dihubungi Topsumbar.co.id, Minggu malam, (4/8/2024).

“Lapangan parkir yang begitu luas juga sampai tidak bisa menampung kendaraan. Sehingga ada yang parkir di Plaza Senayan dan sebagainya,” sambungnya.

Selain itu, terang Eddy, ada aksi sosial lelang lukisan kaligrafi ustaz Derry Sulaiman dan penyampaian tausyiahnya.

Lalu penampilan sejumlah artis ibu kota dan artis penyanyi minang, antara lain Cinta Penelope, Ratu Sikumbang, dan Olivia Tanjung.

Selanjutnya dari sisi kehadiran pengunjung, Eddy mengatakan hadir sejumlah kepala daerah dari Sumatera Barat (Sumbar) dan tokoh masyarakat Pabasko dari ranah (kampung halaman, red) serta tokoh masyarakat Pabasko yang bermukim di Jabodetabek.

Dari kepala daerah, dihadiri gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah, Kadis Perhubungan Sumbar, Dedi Diantolani, Bupati dan wakil Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan Richie Aprian, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra.

Lalu, ketua DPRD Tanah Datar, Rony Mulyadi Dt Bungsu beserta 6 anggota DPRD, 3 Camat di Tanah Datar, dan 21 Wali Nagari se- Batipuh X Koto, Tanah Datar.

Dari kota Padang Panjang, selain Pj. Wali Kota juga hadir ketua DPRD kota Padang Panjang, Mardiansyah, Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, S.I.K., M.A.P., Kajari Padang Panjang, Jerniati, beberapa kepala dinas, 2 Camat, dan sekitar 30 pejabat Padang Panjang lainnya.

“Sedangkan dari tokoh masyarakat Pabasko hadir antara lain Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana), Andrinof Chaniago (Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional), Suir Syam (Anggota Komisi IX DPR-RI), Ketua Umum Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP), Nasrul Naga, Ketua Umum Flipper’s Organization, Ghazali Chandra, sesepuh Flipper’s Organisation, Dedi Demona, serta puluhan Ketua Umum ikatan keluarga perantau yang terhimpun ke dalam IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya, dan banyak lagi tokoh masyarakat Pabasko lainnya,” terang Eddy.

Lebih jauh disampaikan Eddy, pengurus IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya periode 2023-2028 dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Dewan Penasihat, Kasman Khatib bersama Ketua Dewan Pembina, Mizwar Dt. Sumagek, didampingi Pj. Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra dan Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

“Pada acara pengukuhan pengurus IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya ini, turut memberikan kata sambutan, yaitu ketua panita Eddy Yatnan, Ketua Umum IKAPPABASKO, Charul Alfi, Pj. Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, Bupati Tanah Datar, Eka Putra, dan gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah,” tutur Eddy.

Secara umum, sebut Eddy, baik gubernur Sumbar, bupati Tanah Datar dan Pj. Wali kota Padang Panjang manyampaikan apa saja program yang sudah mereka jalankan selama ini, yang sedang berjalan, dan rencana atau proyeksi ke depan.

“Begitu pula harapan dan imbauan untuk warga Pabasko, baik yang di rantau maupun di kampung, untuk bahu-membahu memberikan support dan saran-saran terhadap program pemerintah setempat dalam bentuk apa pun,” imbuhnya.

Terakhir disampaikan Eddy, acara Aksi Sosial dan Pengukuhan Pengurus IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya bertajuk ‘Sumarak Alek Nagari Parantauan IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya‘ yang direncanakan berlangsung dari pukul 16.00 WIB sampai 22.30 WIB molor sampai pukul 23.30 WIB.

“Namun kehadiran bintang sinetron Tasman Taher dengan MC Pabasko yang sudah  berpengalaman, Reni Ambarsari, bisa menghidupkan suasana bersama penyanyi Cinta Penelope, Ratu Sikumbang, dan Olivia Tanjung,” pungkas Eddy.

Ini Susunan Pengurus Inti IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya Periode 2023-2028

Ketua Umum :  Charul Alfi

Waketum Bidang Organisasi, Hukum & Advokasi :  Azhari St. Malano

Waketum Bidang Hubungan Antarlembaga dan Generasi Muda :  Dedy Demona

Waketum Bidang Usaha dan Dana :  Yuliot Tanjung

Waketum Bidang Support, Publikasi & Seni :  Eddy Yatman

Waketum Bidang Sosial dan Keagamaan :  Eddy Zuarman

Sekretaris Jenderal :  Yuhelson M. Noer

Wasekjen :  Yandri Sudarso

Wasekjen :  Rudi Hendri

Wasekjen :  Faizah Fauzan

Bendaha Umum :  Monalisa Muchtar

Bendahara :  Mira Zuryanti

Berikut Organisasi-organisasi yang Terhimpun Pada IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya :

1. Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP)

2. Ikatan Keluarga Perantau Gunuang (IKPG)

3. Ikatan Keluarga Perantau Singgalang (IKPS)

4. Ikatan Keluarga Paninjauan Sepakat (IKPAS)

5. Ikatan Keluarga Pandai Sikek (IKAPSI)

6. Ikatan Keluarga Panyalaian (IKP)

7. Ikatan Keluarga Air Angek (IKAIRA)

8. Ikatan Keluarga Perantau Tambangan (IKAPERTA)

9. Ikatan Keluarga Jaho (IKAHO)

10. Kerukunan Warga Koto Baru (KWKB)

11. Ikatan Keluarga Koto Laweh

12. Ikatan Keluarga Gunuang Rajo (IKGR)

13. Ikatan Keluarga Besar Andaleh (IKBA)

14. Sabu Sakato

15  Himpunan Keluarga Batipuah (HKB)

16. Ikatan Keluarga Pitalah Bungo Tanjuang (IKPBT)

17. Ikatan Keluarga Tanjuang Barulak (IKTB)

18. Ikatan Keluarga Sumpur (IKES)

19. Ikatan Keluarga Batu Taba

20. Ikatan Keluarga Malalo (IKMAL)

Diberitakan Topsumbar.co.id, sebelumnya, IKAPPABASKO Jakarta dan sekitarnya kembali eksis meramaikan organisasi masyarakat Minangkabau perantauan yang ada di tanah air, khususnya di lingkup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Sebelumnya IKAPPABASKO Jakarta dan Sekitarnya sempat vakum karena pandemi covid-19 melanda seluruh kawasan di Indonesia.

Baca Juga :

https://www.topsumbar.co.id/2024/06/ikappabasko-himpun-organisasi-organisasi-kanagarian-awal-agustus-pengukuhan-pengurus-dan-aksi-sosial-lelang-amal-di-jakarta/

https://www.topsumbar.co.id/2024/07/puluhan-lukisan-kaligrafi-ustaz-derry-sulaiman-akan-dilelang-hasilnya-didonasikan-untuk-daerah-terdampak-bencana-di-pabasko/

(Alfian YN)

Pos terkait