Pemko Payakumbuh Terima Dana Insentif Fiskal Rp 5,5 Miliar dari Pemerintah Pusat

Pemko Payakumbuh Terima Dana Insentif Fiskal Rp 5,5 Miliar dari Pemerintah Pusat

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh kembali mencatat prestasi gemilang dengan berhasil mengendalikan inflasi.

Prestasi ini membuat Kota Payakumbuh menerima dana insentif fiskal kinerja tahun berjalan dalam kategori pengendalian inflasi daerah periode tahun 2024.

Bersama dua kabupaten dan satu kota lainnya di Provinsi Sumatra Barat, Kota Payakumbuh menerima dana insentif fiskal sebesar Rp 5.598.094.000,- yang langsung diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat pada Senin, 5 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya

Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana sebesar Rp 300.000.000.000,- sebagai penghargaan kepada 50 pemerintah daerah di Indonesia.

Penerima dana ini terdiri dari 4 provinsi, 10 kota, dan 36 kabupaten yang berhasil mengendalikan inflasi di daerah masing-masing pada periode pertama tahun anggaran 2024.

Penyerahan dana insentif fiskal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 295 Tahun 2024 yang ditetapkan pada 15 Juli 2024, mengenai rincian alokasi insentif fiskal tahun anggaran 2024 untuk penghargaan kinerja tahun berjalan dalam kategori pengendalian inflasi daerah periode pertama menurut Provinsi/Kota/Kabupaten.

Menteri Keuangan menyatakan bahwa pemberian dana insentif fiskal kepada pemerintah daerah yang berprestasi merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kontribusi dan kinerja baik daerah-daerah tersebut dalam upaya pengendalian inflasi, penggunaan produk dalam negeri, dan percepatan belanja daerah.

Suprayitno, menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemko Payakumbuh serta pihak-pihak terkait yang telah berkontribusi sehingga kota ini bisa menerima dana insentif fiskal kinerja dari Menteri Keuangan RI.

“Alhamdulillah, kami sangat terharu hari ini karena apa yang kita kerjakan selama ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Forkopimda, jajaran instansi pemerintah daerah, dan instansi vertikal yang ada di Kota Payakumbuh,” ujar Suprayitno.

Ia menambahkan bahwa penghargaan ini diraih berkat kolaborasi dan sinergi yang baik dalam mendukung kinerja Pemko Payakumbuh.

“Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi dalam membangun daerah, terutama dalam mengatasi inflasi di daerah,” tutup Suprayitno.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait