Pemko Payakumbuh dan Sentra Abiseka Salurkan Bantuan ATENSI Tahap II kepada 45 PPKS

Pemko Payakumbuh dan Sentra Abiseka Salurkan Bantuan ATENSI Tahap II kepada 45 PPKS

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh bekerja sama dengan Sentra Abiseka Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan bantuan sosial Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) tahap II kepada 45 Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Aula Dinas Sosial Kota Payakumbuh pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, melalui Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi, menyampaikan apresiasi kepada Sentra Abiseka atas peran aktif mereka dalam membantu masyarakat Payakumbuh.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Sentra Abiseka kepada warga kami. Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Irwan.

Bacaan Lainnya

Program bantuan sosial ATENSI ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar para penerima, yang merupakan warga dengan kebutuhan pelayanan kesejahteraan sosial yang mendesak.

Pada kesempatan tersebut, disalurkan bantuan senilai Rp 95.302.775, yang terdiri dari tiga jenis bantuan yakni, paket kewirausahaan untuk 1 penerima, pemenuhan hidup layak untuk 44 penerima, dan dukungan aksesibilitas untuk 13 penerima.

Selain itu, Pemko Payakumbuh terus berupaya memberikan bantuan kepada warga yang kurang mampu.
Sebelumnya, pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial kesejahteraan keluarga kepada 347 Kepala Keluarga (KK) dengan total nilai bantuan mencapai Rp 624 juta.

Tambahan bantuan juga diberikan kepada 28 anak dari keluarga yang baru terbebas dari kondisi miskin ekstrem berupa dana peralatan sekolah sebesar Rp 1.500.000 per anak.

Irwan menekankan bahwa semua ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memastikan program perlindungan, rehabilitasi, jaminan, dan pemberdayaan sosial bagi warga kurang mampu dapat terlaksana dengan baik.

Ia juga mengajak masyarakat, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk turut serta dalam menciptakan kesejahteraan sosial di kota ini.

“Mari kita saling membantu, yang mampu membantu yang kurang mampu. ASN yang beragama Islam diharapkan untuk tidak ragu menunaikan zakat 2,5 persen melalui BAZNAS, agar dapat disalurkan kepada yang berhak,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Payakumbuh Sentra Abiseka Pekanbaru, Lisdawati, menjelaskan bahwa dari 96 data yang diasesmen oleh Kementerian Sosial RI, hanya 45 orang yang menerima bantuan pada tahap ini.

“Untuk tahap ini, kami hanya dapat menyalurkan bantuan kepada 45 penerima. Sisa dari data yang telah diasesmen akan menjadi prioritas kami untuk tahun depan,” ungkap Lisdawati.

Setelah penyaluran di aula, tim juga mengunjungi Ridzwan Ikhsan, seorang balita berusia tiga tahun yang menderita kelainan tulang punggung di Kelurahan Bulakan Balai Kandi.

Bantuan berupa stroller, nutrisi, dan perlengkapan kebersihan diri diberikan langsung kepada Ridzwan dan keluarganya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait