Pemko Payakumbuh Adakan Rakor dengan Perumda Air Minum Tirta Sago

Pemko Payakumbuh Adakan Rakor dengan Perumda Air Minum Tirta Sago

TOPSUMBAR – Dengan mengusung tema, “BerAKHLAK: Bangga Melayani Bangsa”, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Perumda Air Minum Tirta Sago (PAMTIGO) Kota Payakumbuh pada Selasa (13/8/2024).

Tujuan Rakor ini adalah untuk memperkuat internalisasi nilai inti ASN BerAKHLAK.

Rakor tersebut dihadiri oleh asisten wali kota, staf ahli wali kota, seluruh kepala OPD, kepala bagian Setdako, kepala bagian Sekwan, Direktur RSUD Adnaan WD, Direktur PAMTIGO beserta jajarannya, dan seluruh lurah di Kota Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah, Rida Ananda menyampaikan permohonan maaf Pj Wali Kota Payakumbuh yang tidak dapat hadir.

“Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh telah menyusun agenda ini jauh-jauh hari, namun beliau tidak dapat hadir karena undangan Presiden di IKN,” ujar Rida Ananda, yang mewakili Pj Wali Kota Payakumbuh.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah pusat terus berupaya mendorong kinerja ASN dengan meningkatkan budaya kerja ASN di seluruh Indonesia melalui berbagai instrumen, salah satunya Gerakan Reformasi Birokrasi yang mengubah mindset ASN dari dilayani menjadi melayani.

“Pemerintah Kota Payakumbuh mendorong agar kita sebagai ASN bangga melayani bangsa melalui indikator-indikator yang tergabung dalam instrumen BerAKHLAK itu sendiri,” kata Sekda Rida Ananda saat membuka acara Sosialisasi dan Internalisasi Core Value BerAKHLAK Bagi Seluruh ASN di Pemko Payakumbuh.

Rakor yang berlangsung di aula pertemuan Ngau Indah lantai III kantor Wali Kota Payakumbuh ini menghadirkan narasumber nasional, Jamil Azzaini (CEO Kubik Leadership) yang juga merupakan inspirator SuksesMulia.

Rida juga menekankan pentingnya peran Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh dalam menyediakan layanan air bersih.

“Layanan ini bukan hanya kebutuhan dasar, tetapi juga hak bagi setiap warga. Perumda Tirta Sago harus menjamin bahwa setiap rumah tangga memiliki akses yang memadai terhadap air bersih dan berkualitas,” katanya.

Menghadapi tantangan saat ini, Rida menekankan pentingnya bagi Perumda Tirta Sago untuk bersikap lebih proaktif.

Kualitas layanan air bersih harus selalu menjadi prioritas utama dan tidak boleh terganggu oleh perluasan jangkauan rumah tangga atau tingginya debit air.

“Dengan meningkatnya pembangunan perumahan baru, kita harus memastikan bahwa kebutuhan air bagi pelanggan yang sudah ada tetap terpenuhi. Kita tidak bisa hanya berfokus pada peningkatan jangkauan layanan, tetapi juga harus menjaga agar kualitas layanan tidak menurun. Ini termasuk memastikan bahwa infrastruktur yang ada memadai untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan. Kolaborasi yang kuat antara pemerintah, BUMD, dan pengembang sangat penting untuk mencapai tujuan ini,” tambahnya.

Sebagai penutup, Sekretaris Daerah Pemko Payakumbuh mengimbau seluruh hadirin untuk tetap berkomitmen dalam menjaga integritas dan semangat pelayanan yang tinggi.

“Kita perlu bekerja sama untuk membangun Kota Payakumbuh yang lebih baik dan maju. Setiap kontribusi yang kita berikan memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat dan masa depan kota kita. Mari kita terus berusaha menjadi pelayan publik yang tidak hanya memenuhi harapan, tetapi juga melampaui ekspektasi. Dengan semangat dan dedikasi, kita akan mewujudkan visi Kota Payakumbuh yang lebih baik,” ujarnya.

Setelah pembukaan oleh Rida Ananda, Rakor dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber untuk meningkatkan core value ASN BerAKHLAK di lingkup Pemko Payakumbuh.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait