Pemko Pariaman Gelar Rapat Finalisasi Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-79, Ini Rundownnya

Pemko Pariaman Gelar Rapat Finalisasi Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-79, Ini Rundownnya

TOPSUMBAR – Untuk memastikan kelancaran rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mengadakan rapat finalisasi pada Rabu sore, 14 Agustus 2024.

Rapat yang dipimpin oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yaminu Rizal, berlangsung di ruang rapat Wali kota Balaikota Pariaman.

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Kodim 0308 Pariaman, Kejaksaan Negeri Pariaman, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, serta stakeholder terkait dan instansi vertikal.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat tersebut, Yaminu Rizal menyampaikan pentingnya persiapan untuk memastikan semua agenda peringatan kemerdekaan berjalan dengan baik, terutama pada hari penaikan dan penurunan bendera.

“Rangkaian HUT RI ke-79 akan dimulai dengan mendengarkan pidato Presiden pada sidang tahunan MPR RI serta penyampaian keterangan pemerintah mengenai RUU tentang APBN TA 2024 secara daring pada Jumat, 16 Agustus di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pariaman, Desa Manggung, Kecamatan Pariaman Utara,” jelas Yaminu.

Kegiatan pada Sabtu, 17 Agustus akan dimulai pada dini hari pukul 00.00 dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah.

Pada pagi hari, pukul 07.30 WIB, akan dilanjutkan dengan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih di halaman Balaikota Pariaman yang melibatkan seluruh Forkopimda, jajaran Pemkot Pariaman, serta TNI dan Polri, dengan peserta mengenakan pakaian adat daerah atau batik.

Pukul 09.00 WIB akan diadakan pertemuan dengan para veteran, LVRI, PWRI, dan PEPABRI di Aula Balaikota Pariaman.

Kemudian dilanjutkan pada pukul 10.00 WIB dengan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI secara daring di Aula Balaikota.

Selanjutnya, Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, akan melepas Mahasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) di Aula Balaikota, diikuti Upacara Pemberian Remisi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pariaman pada pukul 12.45 WIB.

Sore harinya, pukul 16.30 WIB, akan dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera di halaman Balaikota Pariaman, diikuti malam resepsi Paskibraka di Balairung rumah dinas wali kota pada pukul 19.30 WIB sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka.

Pada tanggal 18 Agustus, pukul 15.00 WIB, diadakan Pawai Alegoris yang melibatkan seluruh sekolah, OPD, instansi vertikal, BUMN/BUMD, dan TNI/Polri.

Pawai ini akan dimulai dari Balaikota Pariaman dan berakhir di Muaro Pantai Gandoriah.

Yaminu Rizal berharap seluruh rangkaian acara peringatan HUT RI ke-79 di Kota Pariaman dapat berjalan dengan sukses, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing OPD, dan mencerminkan kekhusukan serta khidmat acara tersebut.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait