Pemko Bukittinggi Gelar Gebyar IVA Test, Sadanis, dan Layanan Kontrasepsi untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Wanita

Pemko Bukittinggi Gelar Gebyar IVA Test, Sadanis, dan Layanan Kontrasepsi untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Wanita

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, melalui Dinas Kesehatan, menyelenggarakan kegiatan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), pemeriksaan payudara klinis (Sadanis), serta pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Acara ini berlangsung di Politeknik Kesehatan Kemenkes Prodi Kebidanan Kota Bukittinggi pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Wali Kota Bukittinggi, melalui Kepala Dinas Kesehatan Linda Feroza, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi perempuan dalam program skrining kanker serviks dan kanker payudara.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 110 wanita dari tujuh puskesmas di Kota Bukittinggi mengikuti tes IVA dan Sadanis, sementara 30 peserta lainnya berpartisipasi dalam program KB jangka panjang, termasuk pemasangan IUD dan Implan.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, dalam sambutannya menyoroti rendahnya tingkat partisipasi dalam deteksi dini kanker serviks pada tahun 2023, di mana hanya 344 wanita usia subur (1,6%) dari total 20.880 wanita usia subur yang menjalani pemeriksaan.

Menyikapi hal ini, Gebyar IVA Test, Sadanis, dan MKJP digelar sebagai langkah nyata Pemerintah Kota Bukittinggi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker leher rahim.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait