Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan bawa Gubernur Sumbar Raih Penghargaan Nasional Pimpinan Daerah Award 2024

Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan bawa Gubernur Sumbar Raih Penghargaan Nasional Pimpinan Daerah Award 2024

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mendapatkan penghargaan bergengsi Pimpinan Daerah Award 2024 yang diselenggarakan oleh I News TV.

Penghargaan ini diberikan pada Kamis, 8 Agustus 2024 di JCH I News Tower Jakarta sebagai pengakuan atas prestasi dan kinerja Mahyeldi dalam mendorong pembangunan ekonomi Sumbar, terutama melalui pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan.

Mahyeldi menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar berkomitmen penuh untuk mempercepat pembangunan daerah yang madani, unggul, dan berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Salah satu fokus utamanya adalah pengembangan desa wisata, yang menjadi bagian dari misi ke-5 Pemprov Sumbar, yaitu penguatan ekonomi kreatif dalam industri pariwisata.

“Pengembangan desa wisata adalah salah satu program unggulan kami, dan keberhasilan ini menjadi alasan mengapa kami menerima penghargaan ini,” ujar Mahyeldi.

Desa wisata di Sumbar tidak hanya memberikan pengalaman unik bagi wisatawan, tetapi juga membawa dampak positif bagi masyarakat lokal melalui peningkatan ekonomi dari sektor-sektor seperti kuliner, homestay, dan pengalaman budaya.

Hingga saat ini, Pemprov Sumbar telah memiliki 19 objek wisata unggulan yang pengembangannya dijadikan sebagai salah satu prioritas dan program unggulan.

Untuk mendukung program ini, Pemprov Sumbar telah melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan menetapkan berbagai program strategis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Berkat upaya yang konsisten, Sumatera Barat terus meraih prestasi di tingkat nasional dalam ajang Apresiasi Desa Wisata (ADWI).

Sejak 2021 hingga 2024, beberapa desa wisata di Sumbar berhasil mendapatkan penghargaan nasional, menunjukkan komitmen daerah dalam memajukan pariwisata berkelanjutan.

Pada tahun 2021, Empat desa wisata yang dimaksud yakni, Desa Wisata Apar di Kota Pariaman, Desa Wisata Sungai Batang Kabupaten Agam, Desa Wisata Sarugo Kabupaten Lima Puluh Kota, Desa Wisata Kampung Minang Sumpu di Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian pada tahun 2022, terdapat 3 desa wisata Sumbar yang mendapatkan penghargaan ADWI Tingkat Nasional yakni, Desa Wisata Silokek Kabupaten Sijunjung, Desa Wisata Pariangan Kabupaten Tanah Datar, dan Desa Wisata GTP Ulakan Padang Pariaman.

Lalu, pada tahun 2023, 5 desa wisata yang berhasil meraih penghargaan ADWI tingkat nasional yakni, Desa Wisata Nyarai Padang Pariaman, Desa Wisata Lawang Agam, Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang, Desa Wisata Kampung Adat Sijunjung di Sijunjung, Desa wisata Muntei Kepulauan Mentawai.

Kemudian di tahun 2024, terdapat 3 desa wisata Sumbar yang meraih penghargaan ADWI tingkat Nasional yakni, Desa Wisata Pagadih Agam, Desa Wisata Danau Diateh Kabupaten Solok, dan Desa Wisata Ampiang Parak Pesisir Selatan (Pessel).

Executive Chairman MNC Group, Harry Tanoesoedibjo, yang hadir dalam acara tersebut, menekankan bahwa penghargaan ini tidak hanya merupakan apresiasi bagi kepala daerah yang berprestasi, tetapi juga memberikan motivasi bagi pimpinan daerah lain untuk terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan.

Harry mengungkapkan bahwasanya terdapat 27 award dari 8 kategori yang diberikan kepada para kepala daerah dalam Pimpinan Daerah Award 2024.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, juga memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang terus bekerja keras untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Ia berharap para pemimpin daerah tidak pernah lelah dalam memperjuangkan kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya.

Acara penyerahan penghargaan ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata Ekraf, Angela Harry Tanoesoedibjo, serta sejumlah pejabat dan kepala daerah dari berbagai wilayah di Indonesia.

(adpsb/bud)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait