Pawai Pembangunan Meriahkan HUT ke-79 RI di Kota Batam dengan Pakaian Adat dan Kendaraan Hias

Pawai Pembangunan Meriahkan HUT ke-79 RI di Kota Batam dengan Pakaian Adat dan Kendaraan Hias

TOPSUMBAR – Pawai Pembangunan Kota Batam berlangsung dengan meriah di Dataran Engku Hamidah pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Acara yang menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia ini dimeriahkan dengan barisan budaya dan kendaraan hias, serta diikuti oleh 8.000 peserta.

Selain itu, pawai ini juga bertepatan dengan pembagian simbolis bendera Merah Putih dalam program 10 juta bendera.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, memimpin pelepasan peserta pawai dan juga menyerahkan bendera secara simbolis kepada 12 camat se-Kota Batam.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Dalam sambutannya, Rudi menyampaikan rasa syukur dan kebanggaan atas pelaksanaan pawai tersebut.

Ia mengapresiasi para peserta yang menampilkan berbagai pakaian adat nusantara, yang menggambarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika di Batam.

“Selamat HUT ke-79 RI. Pawai Pembangunan ini merupakan bentuk syukur kita menyambut hari kemerdekaan. Batam adalah miniatur Indonesia dengan beragam suku dan budaya. Meskipun berbeda, kita tetap satu kesatuan,” ujar Rudi.

Wali Kota Batam berharap, persatuan yang terjalin di Batam akan terus terjaga untuk mendukung pembangunan yang kondusif dan aman di kota tersebut.

Sementara itu, Koordinator Pawai Pembangunan 2024, Imam Tohari, menjelaskan bahwa acara ini terdiri dari pawai budaya dan kendaraan hias.

“Pawai Pembangunan ini merupakan ajang bagi instansi pemerintah, TNI-Polri, swasta, dan masyarakat untuk menunjukkan kreativitas, seni, dan budaya. Selain itu, acara ini juga menjadi kesempatan untuk bersilaturahmi antar lembaga,” katanya.

Sebanyak 8.000 peserta berpartisipasi dalam acara ini dengan berbagai kendaraan hias yang turut memeriahkan pawai.

Peserta akan dinilai dan berpeluang memenangkan hadiah total sebesar Rp 36 juta.

“Untuk tahun ini, total hadiah yang disiapkan adalah Rp 36 juta. Ini adalah bentuk apresiasi terhadap kreativitas dan partisipasi masyarakat dalam pawai,” tutup Imam Tohari, Kepala Satpol PP Kota Batam.

(RK)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait