Najjar Lubis Terima Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis dari Kementerian LHK RI

Najjar Lubis Terima Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis dari Kementerian LHK RI

TOPSUMBAR – Najjar Lubis, warga Jorong Aek Nabirong, Nagari Pematang Panjang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendapat penghargaan Kalpataru kategori perintis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Senin (1/7/2024) lalu.

Kalpataru merupakan bentuk apresiasi tertinggi diberikan pemerintah kepada para pemelihara lingkungan.

Piagam penghargaan Kalpataru tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial Kemitraan Lingkungan, KHLK, Dr. Ir. Mahfudz. M. P kepada Pemkab Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

Dan pada malam HUT RI ke 79 Tahun 2024, secara simbolis diserahkan ke Najjar Lubis oleh Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S.Ag di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Sabtu (17/8/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S.Ag menyampaikan ucapan terima kasih kepada Najjar Lubis yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Pasaman Barat ke tingkat nasional pada bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita semua masyarakat Pasaman Barat. Karena, Najjar Lubis sudah mengharumkan nama daerah kita hingga ke tingkat nasional dalam bidang penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Batahan sepanjang 5 Kilometer,” sebut Bupati.

Ia menambahkan, sebagai orang Pasaman Barat patut bangga atas penghargaan Kalpataru yang didapat oleh Najjar Lubis.

Karena menurutnya, masih ada orang yang peduli dan konsisten dalam menjaga lingkungan dari kerusakan DAS.

“Semoga penghargaan tersebut menjadi inspirasi bagi warga Pasaman Barat lainnya,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Najjar Lubis mengatakan, dalam mempertahankan dan menjaga lingkungan khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Batahan yang ada diwilayahnya sudah tanggung jawab baginya untuk terus memeliharanya.

“Saya selalu konsisten dalam menjaga kerusakan DAS Batang Batahan. Walaupun secara swadaya, saya akan tetap bekerja keras agar DAS Batang Batahan tetap baik,” sebutnya.

Kedepan, selain memelihara DAS Batang Batahan, ia juga akan melakukan penghijauan disepanjang DAS Batang Batahan. Ini dilakukannya agar DAS Batang Batahan tetap baik dan asri.

“Kita akan lakukan penanaman pohon disepanjang DAS Batang Batahan. Agar, DAS terlindungi dan terlihat rapi dan asri,” ucapnya juga.

Ia pun menyampaikan rasa haru atas penghargaan yang diterimanya. Karena menurutnya, apa yang dilakukannya dalam DAS Batang Batahan itu bukan bertujuan mendapatkan penghargaan, melainkan tanggung jawabnya sebagai masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian LHK RI atas penghargaan kalpataru ini. Semoga, penghargaan ini kami jadikan acuan ke lebih baik kedepannya. Apalagi, memelihara DAS Batang Batahan dan lingkungan itu bukan saja tugas pemerintah, tetapi tugas kami juga sebagai masyarakat,” pungkasnya.

Pada penyerahan itu langsung disaksikan oleh Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto, Ketua DPRD Pasbar H. Erianto. SE, Kapolres Pasbar AKBP Agung Tribawanto, Kejari Pasbar M Yusuf Putra, Kepala Pengadilan Pasbar, Perwakilan Kodim Pasaman serta OPD dan masyarakat.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait