Najjar Lubis Giatkan Pelestarian DAS Batang Batahan Pasaman Barat Jelang Piala Kalpataru 2025

Kadis DLH Pasbar Edison Zelmi (kiri) bersama Najjar Lubis selaku penerima piagam kalpataru kategori perintis

TOPSUMBAR – Sebagai penerima kalpataru kategori perintis, Najjar Lubis, berkomitmen lebih giat lagi dalam memperbaiki dan memelihara Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Batahan kedepan.

Dengan penilaian kembali yang akan dilakukan pada tahun 2025 mendatang, Najjar bersiap untuk meningkatkan upaya pelestarian.

“Kami akan meningkatkan perbaikan dan pemeliharaan DAS Batang Batahan agar kualitas dan kelestarian sungainya terus terjaga,” ujar Najjar Lubis kepada topsumbar.co.id, Selasa (20/8/2024).

Bacaan Lainnya

Najjar Lubis mengungkapkan bahwa pada tahun 2024 ini, pihaknya telah melakukan upaya perbaikan sepanjang 5 kilometer di sepanjang DAS Batang Batahan.

Ia berharap di tahun mendatang, jarak tersebut dapat ditingkatkan menjadi 10 kilometer, serta area tersebut akan ditanami pepohonan.

“Kita berencana akan menghijaukan seluruh kawasan Daerah Aliran Sungai Batang Batahan demi menjaga kelestarian ekosistem sungai dan mempertahankan keasrian alamnya,” sebutnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasaman Barat, Edison Zelmi, mengatakan pihaknya akan terus memfasilitasi, membina, dan mendorong Najjar Lubis untuk terus mengelola DAS dengan baik.

Najjar Lubis selaku peraih kalpataru kata Edison, nantinya dapat menjadi agen perubahan dan memberi contoh kepada masyarakat bagaimana kolaborasi dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan khususnya DAS Batang Batahan.

Menurut Edison, penghargaan yang diterima Najjar saat ini baru berupa piagam.

Ia berharap pada tahun depan Najjar bisa mendapatkan Piala Kalpataru yang akan diserahkan langsung oleh Presiden RI dalam acara kenegaraan.

“Kita berharap, Najjar Lubis bisa mendapatkan piala kalpataru yang diserahkan langsung oleh Presiden RI. Karena, mendapatkan itu tentu butuh keseriusan dan bimbingan dari berbagai stakeholder,” sebutnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait