Nahas! Seorang Penyadap Karet di Pasaman Barat Diterkam Seekor Beruang, Korban Alami Luka Serius

Nahas! Seorang Penyadap Karet di Pasaman Barat Diterkam Seekor Beruang, Korban Alami Luka Serius (Foto: dok.istimewa)

TOPSUMBAR – Seorang ibu rumah tangga yang juga penyadap karet, Mas Abidah (40), di Jorong Pengambiran, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dilarikan ke rumah sakit setelah menderita luka serius akibat diterkam oleh seekor beruang.

Abidah (40) diterkam beruang saat menyadap karet di Jorong Pengambiran. Saat itu, ia sedang bekerja sendirian dan tiba-tiba beruang menyerangnya, sehingga menyebabkan luka parah pada wajahnya.

“Iya benar, korban sekarang masih dirawat di rumah sakit. Peristiwa nahas yang menimpa Abidah terjadi pada Kamis (8/8/2014),” kata Kepala Jorong Pangambiran, Defrianto kepada topsumbar.co.id, Jumat (9/8/2024).

Bacaan Lainnya

Akibat keganasan binatang buas itu, Bidah mengalami luka sobek pada bagian wajah dan tubuhnya akibat dicakar oleh beruang itu.

Sementara, persoalan ini sudah dilaporkan ke pihak Kecamatan Koto Balingka, Kepolisian dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat.

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak terkait untuk menangkap sang binatang buas tersebut,” tambahnya.

“Untuk kronologisnya, berdasarkan informasi, benar Abidah sedang menyadap karet. Namun, ketika ia menyadap karet tersebut, tiba-tiba datang seekor beruang yang kemudian menerkamnya. Karena tidak berdaya, akhirnya Abidah terdiam dalam menahan sakit, lalu beruang pun beranjak pergi meninggalkan Abidah,” ungkapnya.

Setelah dikonfirmasi kepada Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Resor Konservasi Wilayah I Panti BKSDA Sumbar, Ade Putra, mengatakan bahwa tim BKSDA sekarang sudah berada di Jorong Pengambiran.

“Tim BKSDA Sumbar sudah di Jorong Pengambiran untuk melakukan tindakan berupa pencarian hewan buas tersebut. Tim BKSDA akan bekerja sama dengan pemerintah setempat serta masyarakat. Semoga, hewan buas itu bisa ditangkap,” sebutnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait