Mitra Bukalapak Dorong Agen Pulsa Perluas Penawaran Produk Digital

Mitra Bukalapak Dorong Agen Pulsa Perluas Penawaran Produk Digital

TOPSUMBAR – Sebagai bagian dari komitmennya untuk memberdayakan usaha mikro di Indonesia, Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) yang merupakan bagian dari ekosistem Bukalapak, kembali menggelar program pendampingan daring untuk ratusan agen pulsa dan pemilik warung di seluruh Indonesia.

Program ini, diberi nama “Mitra Mentorship Program Batch 6,” yang fokus pada peningkatan keterampilan dalam strategi komunikasi dan program loyalitas guna meningkatkan penjualan voucher games serta layanan payment point online bank (PPOB).

Seiring dengan meningkatnya popularitas gaming di Indonesia, banyak warung dan agen pulsa mulai memperluas layanan mereka dengan menjual voucher games.

Bacaan Lainnya

Namun, tingginya permintaan sering kali tidak diimbangi dengan pemahaman yang memadai mengenai produk dan peluang pasar.

Program mentorship kali ini mengajarkan para Mitra, yang terdiri dari agen pulsa dan pemilik warung, cara mengidentifikasi profil pelanggan yang tepat dan mempromosikan produk secara lebih efektif.

Selain voucher games, layanan PPOB juga menjadi peluang bisnis yang menarik karena hampir setiap rumah tangga memerlukan layanan untuk membayar tagihan listrik, air, internet, asuransi kesehatan, dan kredit kendaraan bermotor.

Program ini mengusung pendekatan “Dari Mitra untuk Mitra” dengan menggandeng Eko Julianto sebagai mentor.

Uda Eko (sapaan akrabnya), merupakan Mitra dari Kota Padang yang berhasil mengembangkan bisnisnya melalui penjualan voucher games dan PPOB dengan menerapkan berbagai program loyalitas di kios pulsanya.

Eko telah bergabung dengan Mitra Bukalapak sejak 2017 dan mulai merambah penjualan voucher games pada 2018.

Dengan branding yang kuat, Eko berhasil menjadikan kios pulsanya sebagai penyedia voucher games terkemuka di Kecamatan Kuranji, Padang.

Ia menekankan pentingnya membangun loyalitas pelanggan dalam mengembangkan bisnis, yang terbukti meningkatkan pendapatannya secara signifikan.

“Dalam membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, saya menciptakan beberapa program khusus, seperti sistem referral, di mana pelanggan yang membawa teman untuk membeli voucher games akan mendapatkan hadiah. Selain itu, saya juga menawarkan bundling produk fisik, misalnya beli voucher games dapat kabel data,” jelas Eko.

Berkat strategi ini, Eko kini telah mengelola tiga cabang kios pulsa di Kota Padang.

Mitra Mentorship Berikan Solusi Praktis untuk Usaha

Selama program yang berlangsung selama 10 hari secara daring ini, Eko berbagi pengalaman dan kiat suksesnya dalam meningkatkan daya tarik produk agar lebih diminati pelanggan.

Ia juga memberikan tips praktis dalam merancang strategi promosi voucher games untuk anak-anak dan remaja, serta layanan pembayaran tagihan yang menyasar kalangan ibu rumah tangga.

Eko berharap seluruh pemilik warung dan agen pulsa dapat memaksimalkan potensi bisnis mereka melalui strategi komunikasi pelanggan dan program loyalitas yang telah ia terapkan.

“Program Mitra Mentorship dirancang untuk membantu para pemilik agen pulsa dan usaha mikro lainnya mengembangkan usaha dengan berbagai jenis produk, termasuk yang sering dianggap sulit seperti voucher games,” ujar Gitaditya Witono, AVP Mitra Marketing & Partnership Mitra Bukalapak.

“Program ini disampaikan dengan pendekatan praktis, berdasarkan studi kasus nyata, sehingga Mitra dapat dengan mudah memahami dan menerapkan materi yang diberikan,” tambahnya.

Tingginya antusiasme peserta terlihat dari interaksi aktif dan diskusi selama sesi berlangsung.

Selain pemaparan materi, peserta juga diajak untuk menerapkan pengetahuan baru mereka melalui berbagai misi berhadiah, seperti merancang strategi promosi voucher games selama momen Agustusan, serta membuat media promosi kreatif untuk layanan pembayaran tagihan.

Regina Deasy, Mitra asal Sumatera Selatan, terpilih sebagai Mitra Terbaik berkat kemampuannya menerapkan strategi yang diajarkan, sehingga berhasil meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan secara signifikan.

“Saya membuat promosi kreatif dalam bentuk video, karena di era visual seperti sekarang, pelanggan lebih tertarik dengan media seperti ini. Selama program berlangsung, kami belajar mengenali karakteristik pelanggan dan menyusun strategi yang tepat. Program ini sangat membantu meningkatkan keuntungan dari penjualan voucher game, pembayaran tagihan, dan layanan keuangan,” kata Regina.

Selama 6 tahun bergabung dengan Mitra Bukalapak, Regina berhasil mengembangkan usahanya hingga meraih peningkatan pendapatan hingga tiga kali lipat.

Tentang Mitra Bukalapak

Mitra Bukalapak adalah anak perusahaan dari Bukalapak (“IDX:BUKA”), berfokus pada pengembangan warung tech untuk memberdayakan pedagang kecil dan UMKM di Indonesia dengan teknologi.

Didirikan pada tahun 2018, Mitra Bukalapak kini melayani jutaan warung, kios pulsa, dan bisnis mikro lainnya di seluruh Indonesia.

Sebagai pemimpin pasar di sektor online-to-offline (O2O), Mitra Bukalapak menyediakan akses ke berbagai produk fisik, virtual, dan keuangan, serta menyederhanakan rantai pasokan dan proses logistik, sehingga operasional bisnis menjadi lebih efektif dan berkembang.

Melalui inovasi teknologi dan kegiatan berbasis komunitas, Mitra Bukalapak berkomitmen mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://mitra.bukalapak.com/

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait