Mahyeldi-Vasko Resmi Mendaftar ke KPU sebagai Cagub dan Cawagub Sumbar Periode 2024-2029

Mahyeldi-Vasko Resmi Mendaftar ke KPU sebagai Cagub dan Cawagub Sumbar Periode 2024-2029

TOPSUMBAR – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar) untuk periode 2024-2029, Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy, secara resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Selasa siang, 27 Agustus 2024.

Pasangan ini didukung oleh lima partai politik besar, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Demokrat, Perindo, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Mereka hadir di KPU Sumbar dengan didampingi oleh istri masing-masing serta para pimpinan partai pengusung.

Bacaan Lainnya

Saat tiba di KPU Sumbar, Mahyeldi dan Vasko terlihat mengenakan kemeja berwarna biru serta peci hitam.

Selain itu, kedatangan mereka juga disambut oleh siriah carano yang merupakan tradisi Minangkabau untuk menyambut tamu, yang juga merupakan inspirasi Maskot Pilkada Sumbar 2024.

Pendaftaran mereka berlangsung dari siang hingga sore hari, dengan Pasangan Calon (Paslon) dan LO menuju helpdesk pendaftaran untuk dilakukan pemeriksaan berkas.

Dalam pernyataannya kepada media setelah proses pendaftaran, Mahyeldi, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumbar, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari KPU Sumbar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua KPU, para Komisioner, serta jajaran Bawaslu Sumbar atas sambutan yang baik. Juga kepada semua partai pengusung yang telah mendukung kami sehingga bisa mendaftar hari ini,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyebutkan bahwa saat menyerahkan berkas pendaftaran, ia dan Vasko Ruseimy bersama seluruh pimpinan partai pengusung juga menyampaikan beberapa poin penting kepada KPU.

Mengusung tagline “Gerak Cepat untuk Sumbar,” Mahyeldi berharap visi dan misi yang diusungnya bersama Vasko dapat mewakili aspirasi masyarakat Sumatera Barat.

“Semoga visi dan misi kami bisa menjadi bagian dari harapan masyarakat Sumbar,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi dan Vasko juga menyatakan bahwa jika mereka terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, mereka berjanji akan mengalokasikan 10% Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar untuk sekto pertanian sebagai salah satu program prioritasnya.

Sementara itu, anggota KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima berkas pendaftaran dari pasangan Mahyeldi-Vasco Ruseimy.

Setelah dilakukan pemeriksaan, berkas pendaftaran pasangan yang pertama kali mendaftar ke KPU tersebut dinyatakan lengkap.

“Berkas pasangan Mahyeldi-Vasco yang didukung oleh lima partai politik, yaitu PKS, Gerindra, Demokrat, Perindo, dan PBB, telah kami terima karena dokumen pencalonannya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat,” jelasnya dikutip dari detik.com.

Setelah menerima berkas pencalonan, Ory menyatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan dengan verifikasi administrasi dan pemeriksaan kesehatan.

“Kami akan melakukan verifikasi administrasi hingga 4 September 2024. Setelah itu, status pencalonan mereka akan ditentukan. Pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan setelahnya,” tutupnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait