Mahyeldi Pimpin Upacara HUT RI ke-79 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Tekankan Persatuan Menuju Indonesia Emas

Mahyeldi Pimpin Upacara HUT RI ke-79 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Tekankan Persatuan Menuju Indonesia Emas

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Provinsi.

Upacara ini berlangsung di Halaman Istana Gubernur Sumbar pada Sabtu, 17 Agustus 2024 dan dimulai pukul 08.00 WIB menyesuaikan jadwal Nasional.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara dalam peringatan ini adalah Letkol Kal Dody Yuliansyah dari Lanud Sutan Sjahrir, sementara Kapten Sus Amril bertindak sebagai Perwira Upacara.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, Mahyeldi menekankan pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.

Setelah upacara selesai, Mahyeldi bersama Forkopimda Sumbar dan para Kepala OPD mengikuti secara daring Upacara Pengibaran Bendera dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN).

Rangkaian upacara di Sumbar diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi, dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin.

Selain itu, Mahyeldi juga memimpin sesi Mengheningkan Cipta dan memantau pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka Provinsi Sumbar.

“Momen kemerdekaan ini seharusnya kita maknai sebagai kesempatan untuk memperkuat semangat persatuan dan kesatuan, serta mendalami pemahaman kita terhadap Pancasila dan UUD 1945,” ucap Mahyeldi setelah upacara selesai sekitar pukul 08.30 WIB.

Mahyeldi menambahkan bahwa semangat persatuan sangat penting, terutama ketika Indonesia sedang bersiap menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Solidaritas kita harus semakin kokoh. Pemahaman yang mendalam terhadap Pancasila dan UUD 1945 akan menjadi fondasi utama untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan Nusantara Baru dan Indonesia Maju,” tegas Mahyeldi.

Setelah upacara, Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyerahkan Tanda Kehormatan Satya Lencana kepada ASN yang berprestasi di lingkungan Pemprov Sumbar.

Mereka juga menerima dividen dari Bank Nagari sebesar Rp 117,9 miliar untuk Pemprov Sumbar, CSR untuk pendidikan sebesar Rp 160 juta, serta bantuan untuk Palestina sebesar Rp 121 juta.

Upacara ini dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda Sumbar, Sekda Sumbar Hansastri, Kepala Instansi Vertikal di Sumbar, para Kepala OPD, pimpinan BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta berbagai organisasi kemasyarakatan.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait