Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2024 Resmi Digelar

Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2024 Resmi Digelar

TOPSUMBAR – Acara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2024 diselenggarakan pada Jumat, 9 Agustus 2024 di Balai Benih Ikan Sungai Janiah, Kecamatan Gunung Talang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten I Syahrial yang mewakili Bupati Solok, Ketua Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Reti Wafda, serta Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok Syoufitri.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok, Syoufitri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir.

Bacaan Lainnya

“Peserta lomba merupakan anggota Forikan dari setiap kecamatan, dengan dua perwakilan dari masing-masing kecamatan. Dewan juri terdiri dari tiga orang: Chef Mukhsimin dari Hotel Axana Padang, Sri Suzana, dari SMKN 1 Lembah Gumanti, dan Erni Yusnita, AMG dari Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

“Peserta lomba akan bersaing dalam tiga kategori tema, yakni Menu Hidangan Keluarga, Menu Kudapan/Snack, dan Menu untuk Balita,” tambahnya.

Adapun Hadiah bagi pemenang meliputi:

Juara I sebesar Rp. 3.000.000,
Juara II sebesar Rp. 2.500.000,
Juara III sebesar Rp. 2.000.000,

Serta Harapan I hingga Harapan III dengan hadiah masing-masing Rp. 1.750.000, Rp. 1.500.000, dan Rp. 1.250.000.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Reti Wafda, mengungkapkan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok.

Ia mengatakan bahwasanya lomba ini merupakan bagian dari upaya nasional untuk meningkatkan konsumsi ikan.

Selain itu ia menyebutkan bahwa konsumsi ikan dapat dipengaruhi oleh topologi daerah dan mengapresiasi peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Solok.

“Pemenang lomba ini akan berlanjut ke tingkat provinsi dan menekankan pentingnya pengawasan terhadap ikan bilih dari Danau Singkarak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forikan Kabupaten Solok, Emiko Epyardi Asda, menyampaikan apresiasi kepada peserta lomba dan menekankan manfaat ikan sebagai sumber gizi yang penting.

Ia berharap lomba ini tidak hanya meningkatkan keterampilan memasak berbahan ikan, tetapi juga mendorong kampanye makan ikan di Kabupaten Solok.

“Ikan, mengandung protein yang tinggi dan memiliki manfaat bagi kesehatan dan perkembangan anak-anak.

Asisten I Bupati Solok, Syahrial, yang mewakili Bupati Solok, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini.

Ia menyoroti manfaat kesehatan dari konsumsi ikan dan mengharapkan bahwa lomba ini dapat meningkatkan minat masyarakat, terutama anak-anak, untuk mengonsumsi ikan.

Syahrial juga mengingatkan pentingnya keindahan dan estetika dalam memasak, yang dapat berkontribusi pada perekonomian masyarakat.

“Selamat bertanding kepada semua peserta lomba, kerahkan semua kemampuan yang ada untuk menyajikan masakan yang sehat dan bergizi,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan benih ikan kepada kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) seperti Pokmaswas Lubuk Baringin, Lubuk Agung, dan KNS oleh Ketua Forikan Kab. Solok, Emiko Epyardi Asda.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait