KPU Solok Selatan Himbau Masyarakat Cek Nama Di DPS

KPU Solok Selatan Himbau Masyarakat Cek Nama Di DPS

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menghimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan nama setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) pilkada serentak tahun 2024 oleh Ketua KPU, Ade Kurnia Zelli.

“DPS ini segera kita umumkan, kami menghimbau masyarakat untuk mengecek nama di DPS yang di tempel. Pastikan sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih pada pilkada serentak 2024,” kata Ketua Divisi perencanaan data dan informasi KPU Solok Selatan, Elvira Roza.

Hal itu disampaikannya usai Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) dan penetapan DPS pilkada serentak nasional tahun 2024 tingkat Kabupaten Solok Selatan di Padang aro pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya

Rapat pleno ini dipimpin dan dihadiri seluruh komisioner KPU, PPK, Bawaslu Solok Selatan dan Panwascam, Perwakilan partai politik Kadis dukcapil Solok Selatan, serta tamu undangan lainnya

Elvira menambahkan jika ada masyarakat yang belum terdaftar di DPS bisa di sampaikan langsung ke KPU atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kami berharap masyarakat bisa proaktif, sehingga tidak ada masyarakat kita yang kehilangan hak pilihnya pada pilkada nanti,” tambahnya.

Elvira mengungkapkan bahwa KPU RI menurunkan data pemilih untuk coklit sebanyak 128.605, jumlah ini adalah sinkronisasi DP4 terakhir dengan DPT pemilu terakhir sebanyak 129.428 orang.

“Setelah dilakukan coklit data tersebut ditemukan ada yang tidak memenuhi syarat atau TMS disebabkan beberapa faktor seperti pindah domisili atau meninggal dunia sehingga DPS pilkada serentak 2024 yang ditetapkan sebanyak 127.858 orang,” ucapnya.

“Untuk TPS pilkada serentak sebanyak 347 tersebar di tujuh kecamatan, sekali lagi setelah DPS diumumkan kami menunggu dan menerima masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DPS, sehingga tidak ada masyarakat yang tidak terakomodir untuk menggunakan haknya pada pilkada,” tutupnya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait