KPU Pasaman Barat Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2024

KPU Pasaman Barat Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2024

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan tahapan pendaftaran bakal calon dalam Pilkada Tahun 2024.

Rapat ini digelar pada Minggu (18/8/2024) di Hotel Guchi Pasaman Barat.

“Iya benar, rapat koordinasi yang sudah dilaksanakan pada Minggu (18/8/2024) di Hotel Guchi Pasaman Barat. Ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati untuk pilkada di daerah ini,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Syarif Hidayatullah, kepada topsumbar.co.id, Senin (19/8/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam rakor tersebut, dijelaskan bahwa beberapa lembaga terkait akan menerbitkan dokumen yang diperlukan sebagai syarat pencalonan.

Oleh karena itu, KPU Pasbar mengundang pihak-pihak seperti Pemkab Pasbar, Partai Politik, Pengadilan, Polres, BNN, kantor pajak, dinas pendidikan, serta rumah sakit untuk memastikan semua dokumen yang diperlukan tersedia.

Pihaknya pun memastikan jika jadwal tahapan sangat penting untuk diketahui dalam proses pencalonan tersebut. Terlebih, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati akan dimulai pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

Pemeriksaan administrasi bagi bakal calon dijadwalkan berlangsung dari 29 Agustus hingga 4 September 2024.

Sedangkan Hasil verifikasi persyaratan administrasi ini akan diumumkan pada 5 hingga 6 September 2024.

“Kami berharap rapat koordinasi ini dapat memperlancar proses pendaftaran dan memastikan semua syarat administrasi calon terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, Pilkada Pasaman Barat dapat berjalan lancar dan transparan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, penyampaian persyaratan yang harus dipenuhi oleh Partai Politik pengusung dan juga bakal pasangan calon telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2024.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait