Kota Pariaman Raih Penghargaan UHC Kategori Utama untuk Tahun Kedua Berturut-Turut

Kota Pariaman Raih Penghargaan UHC Kategori Utama untuk Tahun Kedua Berturut-Turut

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman kembali meraih penghargaan bergengsi dalam bidang kesehatan, yakni Kategori Utama dalam Universal Health Coverage (UHC) untuk tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dalam acara UHC Awards 2024 yang berlangsung di Krakatau Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, pada Kamis 8 Agustus 2024.

Penerimaan penghargaan ini diwakili oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, bersama dengan Plt Kepala Dinas Kesehatan Hendri Putra, dan Kepala BPJS Kesehatan Kota Pariaman Riko Hariono Saputra.

Bacaan Lainnya

Penghargaan ini diberikan kepada 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di seluruh Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Roberia menyampaikan, pencapaian ini merupakan hasil dari cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Pariaman yang telah mencapai 100 persen dengan tingkat keaktifan peserta di atas 88 persen.

“Kami bangga karena seluruh masyarakat Kota Pariaman kini terdaftar dalam program JKN, yang mencapai seratus persen dari total populasi penduduk yang tercatat sebanyak 99.484 jiwa,” ujarnya.

“Pencapaian ini menunjukkan bahwa semua warga Kota Pariaman kini memiliki akses yang terjamin ke layanan kesehatan, berkat program UHC,” tambahnya.

Roberia menegaskan komitmen Pemko Pariaman untuk mempertahankan cakupan kepesertaan 100 persen dan terus meningkatkan tingkat keaktifan peserta.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Hendri Putra juga mengungkapkan harapannya agar Kota Pariaman dapat terus mempertahankan cakupan kepesertaan JKN dan PBI/KIS.

“Wakil Presiden RI telah menginstruksikan agar setiap daerah mempertahankan pencapaian UHC Kategori Utama, dan kami bangga Kota Pariaman telah memenuhi target tersebut,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait