Kota Pariaman Raih Penghargaan Anugerah Kota Paling Berkelanjutan 2024

Kota Pariaman Raih Penghargaan Anugerah Kota Paling Berkelanjutan 2024

TOPSUMBAR – Kota Pariaman kembali meraih penghargaan bergengsi sebagai “Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia” dalam Anugerah UI Green City Metric Rankings Tahun 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan pada Kamis, 8 Agustus 2024, di Balai Sidang Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok.

Acara penganugerahan dihadiri oleh Riri Fitri Sari Kepala UI Green Metric, Amran dari Kemendagri, serta sejumlah akademisi dan pejabat lainnya yang turut hadir baik secara langsung maupun online.

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini, meskipun kota Pariaman turun satu peringkat dari tahun lalu.

“Kami sangat bersyukur atas penilaian positif ini. Ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) yang telah berkontribusi besar dalam program-program berkelanjutan di kota kami,” ujarnya.

Roberia menambahkan bahwa Kota Pariaman dinilai berhasil dalam pengelolaan kota hijau dan program Kampung Iklim yang efektif dalam menangani pencemaran lingkungan.

“Kami juga berkomitmen untuk menyediakan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas, seperti guiding block di trotoar dan fasilitas umum lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim LH Kota Pariaman, Feri Andri, menambahkan bahwa pemerintah kota selalu menjaga lingkungan dan menerapkan program berkelanjutan.

“Kami berusaha menjadikan Pariaman sebagai destinasi eco-tourism dengan mengembangkan Pariaman Mangrove Park dan penangkaran penyu yang kini menjadi daya tarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri,” ucapnya.

UI Green City Metric melibatkan 23 provinsi dan 64 kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk menilai upaya daerah dalam pembangunan berkelanjutan.

Kota Pariaman kini menempati peringkat keenam dalam daftar 10 besar kota paling berkelanjutan, setelah meraih penghargaan serupa selama tiga tahun berturut-turut sejak 2022.

Berikut adalah sepuluh besar kota/kabupaten yang meraih penghargaan Anugerah UI Green City Metric Rankings 2024:

  1. Kota Kediri
  2. Kota Madiun
  3. Kota Blitar
  4. Kota Semarang
  5. Kabupaten Wonogiri
  6. Kota Pariaman
  7. Kota Banjarbaru
  8. Kota Salatiga
  9. Kota Medan
  10. Kota Jambi

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait