Kota Pariaman Gelar Webinar Literasi Digital: Kemkominfo Ajak Pelajar Cermat Bermain Media Sosial

Kota Pariaman Gelar Webinar Literasi Digital Kemkominfo Ajak Pelajar Cermat Bermain Media Sosial

TOPSUMBAR – Dalam upaya meningkatkan kecakapan digital di kalangan pelajar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat akan mengadakan webinar bertema “Cermat Bermain Media Sosial”.

Acara ini dijadwalkan akan berlangsung di Kota Pariaman pada Kamis pagi, 8 Agustus 2024, pukul 09.00 WIB.

Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai risiko yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial, seperti penipuan dan penyebaran informasi palsu.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 3 narasumber akan dihadirkan dalam acara ini yakni, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kanderi, Dosen Universitas Paramadina Jakarta, Septa Dinata, Digital Marketing Strategist & Marketing Manager Compass Publishing, Femikhirana Widjaja.

Sedangkan yang bertindak sebagai moderator dalam acara ini ialah Devi Angraini.

“Peserta webinar dapat mendaftar secara gratis melalui link registrasi di (https://s.id/RegPendidikanSumatera080824). Selain mendapatkan e-sertifikat, 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama sesi tanya jawab akan berkesempatan memenangkan voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000,” ujar Kemkominfo dalam rilisnya kepada awak media pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Kemkominfo menekankan pentingnya kecermatan dalam menggunakan media sosial untuk menghindari berbagai ancaman digital.

“Media sosial, jika tidak digunakan dengan bijak, dapat menimbulkan berbagai masalah. Penting bagi kita untuk selalu menjaga privasi, tidak membagikan informasi pribadi sembarangan, dan berhati-hati dalam berinteraksi di dunia maya,” ujar Kemkominfo.

Webinar ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang dicanangkan Kemkominfo untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan literasi digital masyarakat dan membantu mereka menggunakan teknologi dengan lebih positif, kreatif, produktif, dan aman.

Selain itu, GNLD digelar untuk mempercepat transformasi digital pada sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.

Hingga akhir 2023, program literasi digital Kemkominfo telah diikuti oleh 24,6 juta orang.

Dengan target mencapai 50 juta peserta hingga akhir 2024, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kecakapan digital di Indonesia, mengingat penetrasi internet yang terus berkembang.

Sementara itu, Survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat bahwa pada 2024, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 221,5 juta dari total populasi 278,7 juta.

Sedangkan penetrasi internet Indonesia mencapai 79,5 persen, meningkat secara signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang literasi digital dan kegiatan terkait, kunjungi website info.literasidigital.id serta media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait