Komisi 4 DPRD Sumbar Tinjau Progres Pembangunan Tebing Sungai Batang Pasaman

Komisi 4 DPRD Sumbar Tinjau Progres Pembangunan Tebing Sungai Batang Pasaman

TOPSUMBAR – Komisi 4 DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lakukan kunjungan kerja ke Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (PSDA dan BK) Sumatera Barat, Selasa (6/8/2024).

Kunjungan kerja Komisi 4 ke Dinas PSDA Sumbar tersebut sekaligus melakukan tinjau lapangan atau monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan perkuatan tebing Sungai Batang Pasaman di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

“Iya, kita langsung mendampingi Komisi 4 DPRD Provinsi Sumatera Barat ke lapangan. Kita melihat langsung progres pekerjaan Bangunan Perkuatan Tebing Batang Pasaman di Jorong Pasir Bintungan, Kabupaten Pasaman Barat,” kata Plt Kepala Dinas PSDA dan BK Sumatera Barat, Ahdiarsyah, ST. MT didampingi Kasi Sungai, Wilman. ST.

Bacaan Lainnya

Ahdiarsyah menjelaskan proyek Pembangunan Bangunan Perkuatan Tebing Sungai Batang Pasaman ini di danai oleh APBD Provinsi Sumatera Barat Tahun anggaran 2024 dengan dana sebesar Rp 2.402.036.100.

“Pengerjaan penguatan tembing sungai Batang Pasaman ini dikerjakan kurang lebih sepanjang 60 meter. Tujuannya agar dapat menghindari erosi akibat daya rusak air,” ujarnya.

Ahdiarsyah menyampaikan tanggal mulai pengerjaan adalah 22 Mei 2024 dan tanggal selesai 18 Oktober 2024.

“Lama pengerjaannya 150 hari atau 5 bulan,” katanya.

Sekarang kata Ahdiarsyah, pekerjaan sudah masuk tahap penyelesaian atau finishing walupun waktunya masih panjang.

“Semoga, tidak ada kendala sampai selesai dan kwalitas terjaga,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Sumatera Barat, Zulkenedi Said yang didampingi anggota Khairudin Simanjuntak di lapangan menjelaskan, pihaknya melaksanakan kunjungan kerja ke lapangan ini, untuk melihat perkembangan pekerjaan Bangunan Perkuatan Tebing Batang Pasaman.

“Kami berharap pekerjaan ini cepat selesai dan memiliki kwalitas tepat. Apalagi, masih ada lanjutan pekerjaan kedepan,” sebutnya.

Disampaikan Zulkenedi, pihaknya juga ingin memastikan setiap proyek pembangunan dilaksanakan sesuai aturan dan rencana kerja yang telah diprogramkan.

Mengingat sungai Batang Pasaman ini sering meluap hingga menghantam tebing sungai dan pemukiman masyarakat.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, yang sudah bekerja cepat dan tepat. Mampu memanfaatkan waktu, sehingga kontrak masih panjang pekerjaan sudah selesai. Apalagi, pekerjaan ini tinggal timbunan yang sedikit lagi,” pungkasnya.

Disamping itu, Kontraktor pelaksana proyek Bangunan Perkuatan Tebing Sungai CV Bintang Lintas Indonesia, Rudi, mengucapkan terima kasih kepada Komisi 4 DPRD Sumbar dan PSDA dan BK Sumbar yang sudah berkunjung ke lokasi proyek ini.

“Kami sangat senang apabila pekerjaan kami ditinjau langsung oleh DPRD Sumbar dan PSDA Sumbar. Ini membantu kami mengetahui kekurangan dan aspek lain dari pekerjaan kami. Sekali lagi, terima kasih,” ucapnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait