Ketua DPRD Sumbar Serukan Evaluasi Pembangunan dalam Upacara HUT RI ke-79

Ketua DPRD Sumbar Serukan Evaluasi Pembangunan dalam Upacara HUT RI ke-79

TOPSUMBAR – Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Supardi, menekankan pentingnya menjadikan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 sebagai momen refleksi dan evaluasi bersama guna mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Hal ini disampaikan Supardi usai bertindak sebagai pembaca teks proklamasi dalam Upacara Peringatan HUT RI Ke-79 yang berlangsung di Istana Gubernur Sumbar, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Supardi mengingatkan bahwa HUT RI Ke-79 bukan sekadar seremoni, tetapi harus menjadi pengingat akan pentingnya pemerataan kesejahteraan dan pendidikan yang layak bagi seluruh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“HUT RI Ke-79 sangat penting untuk direnungkan secara bersama, karena pada tahun 2025 kita akan memasuki era pemerintahan baru. Perlu diambil pelajaran penting dari sebelumnya agar tidak hanya menjadi seremonial belaka,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti berbagai isu yang masih menghantui Sumbar dan Indonesia secara keseluruhan, seperti kemiskinan, ketimpangan pembangunan, dan tingginya prevalensi stunting.

Menurutnya, pemerintah harus memastikan bahwa grafik permasalahan ini terus menurun sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, terlepas dari siapa yang memimpin negara atau daerah.

“Meski presiden dan kepala daerah akan berganti, kesejahteraan masyarakat harus tetap menjadi prioritas utama. Kita bisa belajar dari negara-negara seperti Ethiopia dan Vietnam yang berhasil bangkit dari kemiskinan dan mencapai kemajuan pesat. Indonesia, dengan kekayaan alam yang melimpah, tentu bisa lebih dari itu,” tegasnya.

Upacara Peringatan HUT RI Ke-79 di Sumbar dimulai pada pukul 08.00 WIB, diikuti oleh jajaran Forkopimda, Kepala OPD, dan tokoh masyarakat.

Acara ini diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Supardi, dilanjutkan dengan doa oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, serta pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka Provinsi Sumbar dengan Gubernur Mahyeldi sebagai Inspektur Upacara.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Wakil Gubernur Sumbar menerima dividen tahun 2023 dari Bank Nagari senilai Rp 117,9 miliar, CSR untuk pendidikan Sumbar sebesar Rp 160 juta, serta bantuan untuk Palestina dari karyawan Bank Nagari melalui Yayasan Nagari Mandiri senilai Rp121 juta.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Sumbar Hansastri, Kepala Instansi Vertikal di Sumbar, pimpinan BUMN dan BUMD, serta berbagai tokoh masyarakat dan pemuda.

Sementara, yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Kal Dody Yuliansyah, Kepala Dinas Logistik Lanud Sutan Sjahrir, sementara Perwira Upacara diemban oleh Kapten Sus Amril, Kaurpamtubuh Intel Lanud Sutan Sjahrir.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait