Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al-Fitrah III Resmi Dibuka Pj Wali Kota Payakumbuh

Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al-Fitrah III Resmi Dibuka Pj Wali Kota Payakumbuh

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, secara resmi membuka Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al-Fitrah III Tahun 2024 di GOR Nan Ompek, Kelurahan Tanjung Pauh, pada Kamis 1 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Suprayitno menyatakan bahwa Pencak Silat merupakan seni bela diri asli Indonesia dan tradisi yang perlu terus dilestarikan.

“Pencak Silat tidak hanya untuk bela diri tetapi juga untuk merawat tradisi. Saya berterima kasih kepada Perguruan Minsai Al-Fitrah yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini,” ujar Suprayitno.

Bacaan Lainnya

Suprayitno menambahkan bahwa seni bela diri ini dapat membentuk mental yang baik dan meningkatkan kesehatan fisik anak-anak bangsa.

Ia juga mengumumkan bahwa mulai tahun ini, Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Minsai Al-Fitrah III akan memperebutkan Piala Wali Kota Payakumbuh.

“Selamat bertanding dan terus jaga sportivitas. Semoga dengan kejuaraan ini kita dapat melahirkan atlet dan pesilat yang hebat dan berprestasi,” tambahnya.

Pendiri Minsai Al-Fitrah, Inyiak Tanjuang, menyampaikan bahwa Perguruan Minsai Al-Fitrah, yang beralamat di Kelurahan Pakan Sinayan, telah berdiri selama 43 tahun.

“Alhamdulillah, Minsai Al-Fitrah telah berprestasi di tingkat daerah, nasional, hingga internasional. Kejuaraan kali ini juga untuk merayakan ulang tahun perguruan dan HUT RI,” jelasnya, didampingi Ketua Pelaksana Kejuaraan, Yonaldi.

Inyiak Tanjuang menekankan pentingnya pengalaman bertanding bagi pesilat karena sangat mempengaruhi prestasi atlet.

“Peserta yang mengikuti kejuaraan kali ini sebanyak 1.200 peserta. Semoga dengan kejuaraan ini kita dapat terus melestarikan dan menumbuhkembangkan budaya Pencak Silat serta meningkatkan prestasi dan silaturahmi,” harapnya.

Ketua IPSI Payakumbuh, Ainul Farhan, yang mewakili IPSI Sumbar, mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan oleh Perguruan Minsai Al-Fitrah.

“Harapan kami, kejuaraan ini dapat terus diadakan setiap tahunnya. Saya bersyukur karena ada 1.200 pesilat dari sekitar 80 perguruan yang hadir,” katanya.

Hadir dalam pembukaan kejuaraan tersebut antara lain Kapolsek AKP Amirwan, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Nofriwandi, serta sejumlah tokoh lainnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait