Kawal Putusan MK, Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Kantor DPRD Sumbar

Kawal Putusan MK, Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Kantor DPRD Sumbar (Foto: Detiksumut)

TOPSUMBAR – Ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas di Sumatera Barat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, pada Kamis 22 Agustus 2024.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap rencana pemerintah dan DPR yang akan mengesahkan RUU Pilkada, yang dinilai bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan 70/PUU-XXII/2024.

Putusan tersebut mengatur tentang batas usia dan ambang dukungan bagi calon kepala daerah.

Bacaan Lainnya

Salah satu orator dari kelompok mahasiswa menyatakan bahwa mereka akan terus mengawal putusan MK dan menolak segala bentuk kebijakan yang dianggap merugikan rakyat.

“Pemerintah dan DPR berencana mengesahkan RUU Pilkada melalui rapat paripurna. Tentu saja, hal ini sangat bertentangan dengan putusan MK. Untuk itu, kami akan terus mengawal,” ujar seorang mahasiswa yang enggan disebutkan namanya.

Aksi tersebut berlangsung dengan para mahasiswa yang mengenakan almamater masing-masing universitas.
Mereka membawa berbagai spanduk dan poster yang berisi kritik terhadap pemerintah, seperti “DPR Penjilat Rezim,” “Indonesia Terancam Bubar,” “Hentikan Kemaksiatan Rezim Jokowi,” dan “Dinasti Membuat Rakyat Kurang Gizi.”

Teriakan-teriakan seperti “Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia, Lawan Rezim, Kawal Putusan MK” menggema di lokasi unjuk rasa.

Sementara itu, saat dimintai keterangan terkait ketidakhadiran anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat untuk menemui para pengunjuk rasa, seorang staf Sekretariat DPRD menyatakan bahwa seluruh anggota dewan sedang berada di luar daerah untuk dinas.

“Semua pimpinan dan anggota dewan sedang dinas luar. Bahkan sebelum ada rencana mahasiswa unjuk rasa, mereka sudah dijadwalkan untuk dinas luar daerah,” jelasnya dikutip dari laman fokussumatera.com.

Aksi ini menjadi sorotan publik, mengingat mahasiswa berperan sebagai pengawal kebijakan publik yang adil dan transparan.

Hingga berita ini diturunkan, situasi di lokasi aksi masih berlangsung dengan damai dan terkendali, meskipun tidak ada perwakilan dari DPRD yang menemui para demonstran.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait