Kapolres Solok Selatan Bacakan Proklamasi Kepolisian pada Upacara Hari Juang Polri

Kapolres Solok Selatan Bacakan Proklamasi Kepolisian pada Upacara Hari Juang Polri

TOPSUMBAR – Kapolres Solok Selatan, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara membacakan teks proklamasi kepolisian saat memimpin upacara Hari Juang Polri di Mako polres Solok Selatan pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Arief Mukti mengatakan bahwa tanggal 21 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi kepolisian dimana pada saat itu di Surabaya, Komandan polisi Istimewa Inspektur Tk. I (Letnan Satu) Polisi Mohammad Jasin, membacakan teks Proklamasi dari pasukan Polisi Istimewa.

“Proklamasi kepolisian itu berbunyi, Oentoek bersatoe dengan rakjat dalam perjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan Polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia,” kata AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara

Bacaan Lainnya

Arief Mukti menambahkan Proklamasi itu dibacakan saat apel pagi yang diikuti oleh semua anggota Polisi Istimewa dan pegawai lainnya di Markas Kesatuan Polisi Istimewa Surabaya.

“Pada pertempuran di Surabaya Polisi bersama TNI dan Rakyat ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia,” katanya.

“Menurut penelusuran sejarah, pada tanggal 21 Agustus 2024, untuk pertama kalinya Kepolisian mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda, hingga Polres mengadakan upacara Hari Juang Polri,” tambahnya.

Arief Mukti berharap dengan memperingati hari juang Polri ini seluruh personil polres Solok Selatan dapat meneruskan perjuangan sesepuh polri, dan bisa instrospeksi diri bahwa Polri harus didukung oleh masyarakat dan dekat dengan masyarakat.

“Semoga peringatan Hari Juang Polri setiap tahun dapat mendorong polisi untuk menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan masyarakat, sebagaimana yang diinginkan oleh para pejuang terdahulu,” ujarnya.

Turut hadir dalam upacara hari juang Polri Pabung Wakapolres Kompol Efdar Roza bersama Pejabat utama polres, Pabung Kodim 0309 Solok Kapten Arh Herman, Bupati Solok Selatan diwakili asisten Bidang pemerintahan Efi Yandri, Kajari Solok Selatan diwakili Kasi Pidum Muhammad Taufik Yanuarsyah, serta purnawirawan Polri Di Solok Selatan.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait