Kabupaten Agam Jadi Percontohan Siskeudes Link Kemendagri Pertama di Sumatera

Kabupaten Agam Jadi Percontohan Siskeudes Link Kemendagri Pertama di Sumatera

TOPSUMBAR – Kabupaten Agam ditetapkan sebagai pilot project (percontohan) penggunaan Siskeudes Link oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini menjadikannya kabupaten Agam sebagai uang pertama di Sumatera dan ketiga di Indonesia yang mengimplementasikan sistem tersebut.

Acara peresmian dan pelatihan teknis berlangsung di Rocky Hotel Padang pada Rabu dan Kamis, 14-15 Agustus 2024, dengan peluncuran transaksi non-tunai desa melalui Siskeudes Link dan Nagari Cash Management (NCM) Bank Nagari.

Bacaan Lainnya

Bimbingan teknis ini diikuti oleh 92 peserta yang terdiri dari Kaur Keuangan Wali Nagari se-Kabupaten Agam.

Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam.

Acara ini turut dihadiri oleh pejabat penting, termasuk Bupati Agam, Andri Warman, Direktur Keuangan Bank Nagari Roni Edrian, Asisten I Rahman, Sekretaris DPMN Agam Bustanul Arifin, Staf Ahli Fauzi, Kepala Dinas DPMN Sumatera Barat, Pimpinan Divisi Bank Nagari, dan Pimpinan Cabang Bank Nagari Lubuk Basung Musa Adi Guna.

Dalam kesempatan tersebut, Kabupaten Agam berhasil menjadi percontohan bagi daerah lain di Sumatera dalam implementasi Siskeudes Link.

Kementerian Dalam Negeri memberikan apresiasi kepada Bank Nagari sebagai bank yang mampu mewujudkan program ini dengan cepat dan efisien.

Bupati Agam, Andri Warman, menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan langkah besar dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan di tingkat Nagari.

“Dengan penerapan Siskeudes Link, kami berharap dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan desa, serta menjadikan Agam sebagai contoh bagi kabupaten lain di Sumatera,” ujar Andri Warman.

Dengan aplikasi Siskeudes Link, diharapkan transaksi non-tunai di lingkungan Nagari dan Desa akan meningkat, serta mendorong transparansi sistem keuangan.

Kabupaten Agam diharapkan dapat menjadi acuan bagi kabupaten-kabupaten lain di Sumatera yang berencana menerapkan sistem serupa, dengan cara melakukan studi tiru dan studi banding di masa mendatang.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait