K3S Pariaman Selatan Gelar Bimtek Penggunaan Media Sosial untuk Informasi Sekolah

K3S Pariaman Selatan Gelar Bimtek Penggunaan Media Sosial untuk Informasi Sekolah

TOPSUMBAR – Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Pariaman Selatan antusias memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi sekolah.

Langkah ini difasilitasi oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Pariaman Selatan melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang digelar di SDN 01 Pauh Kuraitaji.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 6 Agustus 2024 ini diprakarsai oleh Ketua K3S Kecamatan Pariaman Selatan, Afdhal Fuady.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut menghadirkan narasumber Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda, dan Pengawas Sekolah, Ernawati.

Eka Putra Pernanda, yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Informasi Komunikasi Publik di Diskominfo Kota Pariaman, menyampaikan pentingnya penggunaan media sosial untuk menyebarkan informasi positif tentang sekolah kepada masyarakat dan orang tua murid.

Dalam materinya, Eka menjelaskan bahwa media sosial dapat menjadi platform efektif untuk berbagi ide, strategi pengajaran, materi pembelajaran yang inovatif, serta kegiatan sekolah.

“Kami mengadakan pelatihan jurnalistik untuk kepala sekolah dan admin di setiap satuan pendidikan agar mereka mampu memanfaatkan media sosial dengan bijak dan positif. Sekolah bisa mempublikasikan kegiatan dan praktek-praktek baik kepada masyarakat dan orang tua melalui media sosial,” ungkap Eka.

Eka juga memberikan panduan tentang tata cara penulisan berita dan komposisi media informasi sekolah agar mudah dipahami dan dimengerti, sehingga dapat menciptakan citra positif terhadap kemajuan pendidikan di Kota Pariaman.

“Peserta sangat antusias dan langsung mempraktekkan membuat laporan di akun media sosial sekolah masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Afdhal Fuady, Ketua K3S Kecamatan Pariaman Selatan sekaligus Kepala SDN 04 Batang Tajongkek, menyatakan bahwa Bimtek Jurnalistik ini merupakan upaya untuk memberikan informasi tentang sekolah dan kegiatan sekolah kepada wali murid dan masyarakat secara positif dan terarah.

“Di setiap sekolah, kami arahkan untuk membuat akun media sosial seperti Facebook dan Instagram sebagai wadah informasi sekolah, dengan menunjuk operator yang bertugas mengunggah kegiatan sekolah,” sebut Afdhal.

Afdhal menambahkan bahwa langkah ini menjadi bagian penting dalam memberikan informasi kegiatan sekolah, sehingga memenuhi kebutuhan informasi orang tua murid dan masyarakat, serta memberikan kepuasan kepada netizen.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait