Juara Hafiz Quran, Santri Pondok Pesantren Al-Irsyad Bukittinggi Dapat Hadiah Umroh

TOPSUMBAR – Santri Pondok Pesantren Al-Irsyad, Kubang Putih, Bukittinggi, Nurul Fuada berhasil meraih juara pertama lomba hafiz 7 juz al-Quran tingkat Kabupaten Agam.

Atas keberhasilannya, Nurul Fuada mendapat hadiah umroh ke tanah suci. Selain itu, juga diberikan uang saku sebesar Rp1,000,000 (Satu Juta Rupiah) sebagai bentuk penghargaan juga agar menjadi motivasi bagi para santri Pondok Pesantren Al-Irsyad lainnya.

Penyerahan hadiah umroh dan uang saku kepada santri Nurul Fuada yang sekarang duduk di kelas VIII MTs Al-Irsyad dilaksanakan pada hari ini, Rabu (28/8/2024), didepan seluruh santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Irsyad.

Kepala MTs Al-Irsyad Beti Erniza menjelaskan, pemberian hadiah umroh dan uang saku kepada santri Nurul Fuada sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang diraihnya menjadi juara pertama dalam lomba Musabaqah Hafizh Quran (MHQ) ke II tingkat Kabupaten Agam.

“Alhamdulillah santri Pondok Pesantren Al-Irsyad berhasil meraih juara pertama untuk lomba hafiz 7 juz al-Quran,” ujar Beti Erniza dalam keterangan tertulis, Rabu (28/8/2024).

MHQ ke II tingkat Kabupaten Agam yang dilaksanakan akhir tahun 2023 lalu diikuti oleh berbagai lembaga tahfiz dan pesantren di seluruh Kab. Agam dengan delapan jenis perlombaan hafal al-Quran. Mulai dari perlombaan hafal 1 juz al-Quran, hafal 3 juz al-Quran, hafal 5 juz al-Quran, hafal 7 al-Quran dan hafal 10 juz al-Quran.

Menurut Beti Erniza, prestasi yang diraih santri Pondok Pesantren Al-Irsyad tersebut bukan perkara gampang, karena peserta hafal 7 juz cukup banyak dari berbagai lembaga tahfiz dan pesantren se Kabupaten Agam.

“Alhamdulillah berkat kegigihan dan tekad dari Nurul Fuada yang ikut dalam lomba hafal 7 juz kelompok putri berhasil meraih juara pertama. Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan,” katanya.

Dijelaskan Beti Erniza, atas prestasi yang diraih Nurul Fuada maka yang bersangkutan mendapat hadiah berupa umroh ke tanah suci.

“Hadiah umroh ke tanah suci diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Agam. Kemudian dari Pondok Pesantren Al-Irsyad juga memberikan apresiasi dalam bentuk uang saku sebesar Rp1,000,000,” ujarnya.

Hafal al-Quran

Terpisah, Ketua Yayasan Al-Irsyad bidang pendidikan dan pengembangan Irwan Natsir mengatakan, rasa bangga dan terharu atas prestasi santri Pondok Pesantren Al-Irsyad berhasil juara pertama lomba hafal 7 juz al-Quran.

“Alhamdulillah prestasi santri Nurul Fuada memberikan kebanggaan karena berhasil meraih prestasi dalam perlombaan yang diikuti oleh Lembaga tahfiz dan pesantren se Kabupaten Agam,” ucapnya saat dihubungi Topsumbar.co.id via handphone.

Menurut Irwan Natsir, telah menjadi komitmen bagi Yayasan Al-Irsyad dalam hafal al-Quran bagi santri Pondok Pesantren Al-Irsyad.

“Dalam target pendidikan yang ditetapkan Yayasan Al-Irsyad, para santri ditargetkan untuk hafal al-Quran,” ujarnya.

Pondok Pesantren Al-Irsyad Kubang Putih, Bukittinggi, adalah lembaga pendidikan pesantren dengan sistim boarding school atau sekolah berasrama, dengan tingkat pendidikan Tsanawiyah (setingkat SMP) dan Aliyah (setingkat SMA).

Lokasi pesantren terletak di Kawasan sejuk dan nyaman antara gunung Marapi dan gunung Singgalang.

(AL)

Pos terkait