Jangan Panik! Yuk Kenali Peta Jalur Evakuasi Tsunami di Kota Padang Part I

Jangan Panik! Yuk Kenali Peta Jalur Evakuasi Tsunami di Kota Padang Part I

3. Sektor 3

Sektor ini berada di kawasan Air Tawar, tepatnya di Universitas Negeri Padang (UNP). Kawasan ini memiliki jalur lintasan menuju Tunggul Hitam. Selain itu, Jalur ini juga merupakan jalan lintasan menuju kawasan Jalan Gajah Mada dan Lapai.

Beberapa lokasi penting yang dijadikan titik evakuasi dalam Sektor 3 ini antara lain:

Bacaan Lainnya
  • Tunggul Hitam, yang berfungsi sebagai jalur utama menuju kawasan aman tsunami.
  • Institusi Pendidikan seperti Fakultas Ekonomi UNP dan Institut Teknologi Padang dapat menjadi tempat berkumpul sementara bagi warga selama evakuasi.
  • Jalan Cendrawasih dan Basko Grand Mall, merupakan penanda utama yang mungkin menjadi tempat perlindungan sementara bagi warga selama evakuasi. Namun, kawasan merupakan kawasan muara yang membahayakan jika terjadi tsunami. Hindari kawasan ini, namun dapat dijadikan penanda jalan menuju kawasan Lapai, Gajah Mada, dan Siteba.

Selain itu, Lanud Tabing (Pangkalan Udara Tabing) dan GOR UNP, serta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam Provinsi Sumbar merupakan salah satu fasilitas dengan gedung tinggi. Tempat ini hanya bisa dijadikan sebagai lokasi evakuasi sementara, namun masih belum aman dari ancaman tsunami.

Pada sektor ini, jalan utama mengarah pada Jalan Tunggul Hitam menuju Siteba, dan Kurao Pagang. Jalur ini merupakan jalan utama menuju Kawasan Bypass Balai Baru, dan Bypass Sungai Sapih.

Sementara itu, RSUD dr. Rasidin Padang dapat dijadikan sebagai fasilitas kesehatan dari Pemerintah dan patokan utama untuk menuju kawasan aman tsunami.

Pos terkait