HUT RI Ke-79, 137 Warga Binaan Rutan Padang Panjang Terima Remisi :  6 Orang Langsung Bebas

TOPSUMBAR – Sebanyak 137 warga binaan pemasyarakatan (WBP) rumah tahanan negara (Rutan) kelas IIB Padang Panjang, terima remisi pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Selain penyerahan remisi bagi WBP, Rutan kelas IIB Padang Panjang juga menggelar upacara bendera yang dilangsungkan di halaman depan Rutan.

Hal tersebut disampaikan oleh Humas Rutan kelas IIB Padang Panjang, Rofik Afriadi melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/8/2024).

Ia menjelaskan, dari total 189 orang jumlah WBP Rutan kelas IIB Padang Panjang, 137 orang mendapatkan remisi.

Rinciannya 131 orang mendapatkan Remisi Umum I. Remisi ini memberikan pengurangan masa hukuman namun mereka tetap harus menyelesaikan sisa masa tahanan di rutan.

“Sedangkan 6 orang WBP lainnya menerima Remisi Umum II, yang memungkinkan mereka untuk langsung bebas setelah remisi diberikan,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan, penyerahan remisi bagi 137 WBP Rutan kelas IIB Padang Panjang digelar di Lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh Padang Panjang yang secara simbolis diwakili oleh 2 (dua) WBP yang memperoleh Remisi Umum II.

“Remisi ini diserahkan oleh Penjabat Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra disela-sela upacara bendera berlangsung,” sebutnya.

Kepala Rutan Padang Panjang, Auliya Zulfahmi yang juga hadir dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa remisi yang diberikan adalah bentuk apresiasi dari negara kepada para narapidana yang telah menunjukkan perubahan positif selama masa pembinaan.

“Kami berharap remisi ini akan semakin mendorong para warga binaan untuk memperbaiki diri dan menjadi individu yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, pada pelaksanaan upacara bendera yang digelar di halaman Rutan kelas IIB Padang Panjang, Auliya Zulfahmi yang jbertindak selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H Laoly.

Dalam amanatnya Yassona menyampaikan bahwa mendekati masa pilkada mendatang ASN Kemenkumham diharapkan berpartisipasi pada pelaksanaan pemilihan dan menjaga netralitas dalam jalannya proses demokrasi.

“Pada upacara ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Satya Lencana 10 tahun kepada 4 orang pegawai Rutan kelas IIB Padang Panjang,” tutup Rofik.

(AL)

Pos terkait