Hari Terakhir Pendaftaran, Epyardi Asda – Ekos Albar Resmi Mendaftar ke KPU untuk Pilgub Sumbar 2024

Hari Terakhir Pendaftaran, Epyardi Asda - Ekos Albar Resmi Mendaftar ke KPU untuk Pilgub Sumbar 2024

TOPSUMBAR – Di hari terakhir pendaftaran Pilkada 2024, Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Epyardi Asda dan Ekos Albar, secara resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Pasangan ini tiba di kantor KPU sekitar pukul 16.00 WIB dengan menggunakan ATV, mengenakan pakaian tradisional Minangkabau lengkap dengan penutup kepala (deta) yang khas bagi lelaki Minang.

Kehadiran mereka diiringi oleh para pendukung serta perwakilan dari partai politik pengusung. Proses pendaftaran pasangan Epyardi-Ekos berlangsung hingga pukul 18.00 WIB dan diakhiri dengan konferensi pers.

Bacaan Lainnya

Epyardi, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Solok, menyatakan komitmennya jika terpilih dalam Pilkada tahun ini untuk berjuang demi kesejahteraan masyarakat di Sumbar.

“Kami telah menyiapkan sejumlah program, termasuk rencana mencetak 10 ribu pengusaha baru jika dipercaya memimpin Sumatera Barat selama lima tahun ke depan,” ungkap Epyardi.

Selain itu, Epyardi juga berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan tol Sumbar – Riau dalam kurun waktu satu tahun, dengan keyakinan bahwa hal tersebut dapat dicapai dengan baik.

Ia menambahkan bahwa Sumbar memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan, termasuk dalam menarik lebih banyak investor.

“Kami memiliki prinsip dalam pengelolaan anggaran APBD, yakni anggaran berbasis kebutuhan rakyat. APBD akan kami belanjakan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui kepala daerah yang memahami situasi dan kebutuhan daerahnya masing-masing,” jelasnya.

Menanggapi keikutsertaan petahana dalam kontestasi Pilgub Sumbar, Epyardi menyatakan tidak gentar.

Ia menilai bahwa meskipun petahana mungkin sudah dikenal luas oleh masyarakat, namun menurutnya popularitas tidak selalu berbanding lurus dengan kepuasan publik.

“Masyarakat kita sudah merasa jenuh, dan karena itu, kami hadir dengan harapan baru dengan membawa perubahan,” tegasnya.

Pasangan Epyardi Asda dan Ekos Albar didukung oleh tujuh partai politik dalam Pilkada Sumbar 2024, yaitu Golkar, PDIP, Nasdem, Gelora, Partai Buruh, dan Partai Garuda.

Hingga pendaftaran ditutup, hanya ada dua pasangan calon yang telah mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Menurut KPU, berkas pendaftaran dari kedua pasangan tersebut telah diterima.

Sebelumnya, pasangan Mahyeldi – Vasco juga telah menyerahkan berkas dukungan dari lima partai politik.

“Hingga pendaftaran ditutup, hanya dua pasangan yang mengajukan permohonan akun silon dan keduanya telah kita terima berkasnya. Di hari kedua, Mahyeldi – Vasco mendaftar dengan dukungan lima partai, dan hari terakhir Epyardi Asda – Ekos Albar mendaftar dengan dukungan dari tujuh partai. Semua berkas yang diajukan telah dinyatakan diterima,” ujar Ketua KPU Sumatera Barat.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari KPU Sumbar pada Jumat, 30 Agustus 2024, pasangan Mahyeldi – Vasko dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP M. Djamil Padang.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait