Hamsuardi Sambut Kedatangan Dunsanak Rang Talu dari Malaysia di Pasaman Barat

Hamsuardi Sambut Kedatangan Dunsanak Rang Talu dari Malaysia di Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi sambut kedatangan Dunsanak Persatuan Rang Talu Malaysia di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Selasa (20/8/2024) malam.

Penyambutan rombongan Dunsanak Persatuan Rang Talu Malaysia oleh Bupati itu didampingi oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Armi Ningdel, Staf Ahli Bidang Agama dan Kesejahteraan Sosial Imter Pedri, Kadis Kominfo Armen, Kabag Tapem Yandra, Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny, Za, MM, SI, Pj Wali Nagari Talu Mahyu Danil, dan stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Hamsuardi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dunsanak Persatuan Rang Talu Malaysia di Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

“Seberapa lamapun merantau di negeri orang, pasti suatu saat ingin pulang ke kampung halaman,” ucap Hamsuardi.

Pada kesempatan itu juga, Hamsuardi memaparkan kondisi Kabupaten Pasaman Barat yang terdiri dari 11 kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Talamau.

Di sana, masih banyak peluang usaha. Karena, lahan kosong masih banyak dan bisa ditanami berbagai macam tanaman, juga bisa beternak ayam, apalagi kebutuhan telur masih sangat tinggi diwilayah kita ini.

“Pasbar baru berusia 20 tahun, masih banyak permasalahan yang sedang kita hadapi. Pemerintah daerah sedang fokus menuntaskan persoalan pendidikan, kesehatan, kemiskinan ekstrem, dengan target anak-anak sekolah bebas pungutan, masyarakatnya sehat, sejahtera, dan berakhlak mulia,” papar Hamsuardi.

Semua yang disampaikan itu kata Hamsuardi, tertuang dalam visi dan misi kita melalui program unggulan di antaranya, Berobat Gratis, Tahfidz Al-Qur’an.

“Kita juga sudah membawa anak-anak berprestasi Pasaman Barat jalan-jalan ke Malaysia,” pungkasnya.

Selanjutnya, Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny, Za, MM, SI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hamsuardi yang telah memfasilitasi kepulangan perantau Rang Talu dari Malaysia.

Perantau Rang Talu, tambahnya, meliputi dua organisasi besar di Malaysia, yakni Persatuan Rang Talu Malaysia (PRTM) dan Ko Talu.

Rang Talu di Malaysia memiliki berbagai profesi, di antaranya ada anggota dewan, sekretaris kerajaan, pengusaha, guru dan beberapa pejabat lain di lingkungan kerajaan.

Kebersamaan Persatuan Rang Talu di Malaysia cukup membanggakan. Sehingga kita semua tidak ingin kehilangan nilai leluhur.

“Pelestarian adat dan budaya Minang generasi di Malaysia sangat diperlukan, hal tersebut juga berpengaruh pada peningkatan ekonomi di Pasbar, khususnya Talu, nantinya,” sebut Tuanku Bosa.

Terakhir, sambutan dari perwakilan Persatuan Rang Talu, M. Hanif, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S.Ag dan Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny, Za, MM, SI atas sambutannya.

“Kedatangan Dunsanak Persatuan Rang Talu Malaysia ini ke Pasaman Barat khususnya ke Talu bertujuan untuk menjalin dan mempererat hubungan silaturahmi. Karena, kami sudah banyak yang lupa baik itu kampung asal maupun keluarga,” sebutnya dengan raut sedih.

Hanif mengatakan bahwasanya kepulangan ke kampung halaman ini ialah untuk mencari asal keluarga mereka agar hubungan silaturahmi tetap terjaga.

Terlebih hingga kini mereka masih mempunyai keluarga dengan ikatan darah Talu, oleh karena itulah mereka mencari hal tersebut

“Kami akui, kami tidak pernah pulang. Hanya saja, kami tau bahwa nenek moyang kami dari Talu. Mudah-mudahan dengan kepulangan kami ini membuka hubungan keluarga dan tau dimana Talu itu berada,” ucapnya juga.

Kami berangkat dari Malaysia pukul 07.00 pagi dengan menaiki pesawat terbang dan tiba di Pasaman Barat pukul 18.00 Wib dengan menaiki bus.

“Kami berharap, hubungan silaturrahmi kita ini tidak terputus lagi. Kedepan, kita bisa melaksanakan aktivitas dalam bidang budaya, agama, ekonomi untuk jalinan silaturrahmi,” harapnya.

Di akhir acara, perwakilan pengurus Persatuan Rang Talu Malaysia M. Hanif menyerahkan kamus bahasa Talu kepada Bupati Hamsuardi, yang disaksikan langsung oleh Tuanku Bosa XV Ir. H. Jhonny, Za, MM, SI.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait