Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Sumbar Periode 2024 – 2029, Gubernur Sumbar Tegaskan Pentingnya Pengawasan Ganda

Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Sumbar Periode 2024 - 2029, Gubernur Sumbar Tegaskan Pentingnya Pengawasan Ganda

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menekankan pentingnya peran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar dalam mengawasi jalannya pemerintahan daerah.

Selain itu, Mahyeldi juga mengingatkan bahwa anggota legislatif juga berada di bawah pengawasan berbagai pihak.

Hal ini disampaikan Mahyeldi dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan dan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sumbar periode 2024-2029 di Gedung DPRD Sumbar, Rabu 28 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi menjelaskan bahwa berdasarkan undang-undang, DPRD memiliki tiga fungsi utama yakni, legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

“Fungsi pengawasan perlu dilakukan secara maksimal untuk memastikan bahwa pemerintah daerah bekerja demi kepentingan masyarakat,” ujar Mahyeldi.

Namun, Mahyeldi juga menekankan bahwa anggota DPRD, seperti halnya pemerintah daerah, tidak kebal dari pengawasan.

“Kinerja DPRD dipantau oleh berbagai lembaga seperti KPK, BPK, BPKP, Kepolisian, serta masyarakat dan organisasi non-pemerintah. Dan yang terpenting, ada pengawasan dari Tuhan,” ujar Mahyeldi mengingatkan.

Oleh karena itu, ia meminta anggota DPRD Sumbar yang baru dilantik untuk menjalankan fungsi pengawasan dengan penuh kesadaran akan pengawasan tersebut.

Dengan demikian, pemerintahan di Sumbar dapat berjalan sesuai dengan aturan dan sepenuhnya demi kesejahteraan masyarakat.

Mahyeldi juga menyebutkan bahwa Pemprov Sumbar telah menyediakan dashboard transparansi yang dapat diakses oleh siapa saja untuk memantau kinerja pemerintah secara real-time.
“Ini adalah bentuk transparansi maksimal yang kami terapkan. Silakan akses untuk pengawasan,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Mahyeldi turut mengucapkan selamat bertugas kepada 65 anggota DPRD Sumbar yang baru dilantik, seraya berharap bahwa sinergi antara pemerintah eksekutif dan legislatif yang telah terjalin baik akan semakin meningkat di masa mendatang.

Ketua DPRD Sumbar periode 2019-2024, Supardi, yang memimpin Rapat Paripurna, menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak selama masa tugasnya dan memohon maaf atas kekurangan yang mungkin terjadi selama menjalankan tugas kedewanan.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, membacakan Surat Keputusan pelantikan bagi 65 anggota DPRD Sumbar periode 2024-2029, yang dipimpin sementara oleh Irsyad Safar sebagai Ketua DPRD dan Eviyandri Rajo Budiman sebagai Wakil Ketua DPRD.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Ade Komarudin.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk unsur Forkopimda Sumbar, anggota DPR dan DPD RI terpilih dari Sumbar, beberapa bupati dan wali kota, pimpinan perguruan tinggi, kepala OPD, pimpinan BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat, pemuda, pimpinan organisasi kemasyarakatan, media, serta keluarga anggota DPRD Sumbar terpilih.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait