Gubernur Sumbar Resmikan Festival Urang Minang Baralek Gadang di Kabupaten Agam

Gubernur Sumbar Resmikan Festival Urang Minang Baralek Gadang di Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, secara resmi membuka gelaran Festival Urang Minang Baralek Gadang yang berlangsung dari 1 hingga 3 Agustus 2024.

Dalam sambutannya di GOR Rang Agam pada Jumat, 2 Agustus 2024, Mahyeldi menegaskan bahwa festival ini bertujuan melestarikan budaya Minang sekaligus meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

“Kita berharap, selain melestarikan kebudayaan kita, festival ini juga akan memperkuat hubungan sosial dan meningkatkan kunjungan wisatawan yang tentu akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan sektor UMKM. Apalagi, banyak generasi muda yang terlibat sebagai pelaku UMKM di sini,” ujar Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Bupati Agam, Andri Warman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Urang Minang Baralek Gadang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Festival Kriya, Festival Marandang, dan Festival Solo Song.

Andri Warman berharap festival ini dapat berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan budaya Minang serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan budaya.

“Kegiatan ini sangat menarik dan meriah, serta dilaksanakan di ibu kota Lubuk Basung. Kami berharap acara ini dapat dinikmati dengan gembira oleh masyarakat, khususnya masyarakat Lubuk Basung,” kata Andri.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan, menjelaskan bahwa ini adalah kali kedua festival diadakan di Kabupaten Agam, khususnya di Lubuk Basung. Tahun lalu, acara serupa juga dilaksanakan di lokasi yang sama.

“Hari ini kami sengaja memilih lokasi yang sama dengan agenda yang berbeda. Topik yang diangkat kali ini adalah Marandang. Semoga acara ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM, dengan tujuan untuk menambah penghasilan mereka,” jelas Ismunandi.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait