Gubernur Sumbar Luncurkan Program ‘Genius’ untuk Edukasi Pangan Bergizi di Padang Panjang

Gubernur Sumbar Luncurkan Program 'Genius' untuk Edukasi Pangan Bergizi di Padang Panjang

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, S.P Datuak Marajo, meresmikan Program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) yang digagas oleh Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat.

Acara peluncuran program tersebut berlangsung di Medan Nan Bapaneh, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Padang Panjang, pada Rabu (21/8/2024).

Program Genius merupakan inisiatif dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya konsumsi pangan yang bergizi serta memastikan akses mereka terhadap makanan yang sehat.

Bacaan Lainnya

Program ini juga bertujuan untuk menurunkan angka stunting di Sumatera Barat yang masih di bawah target nasional.

Dalam sambutannya, Mahyeldi menekankan bahwa program ini diluncurkan karena masih adanya kasus stunting di Sumatera Barat.

Ia menekankan pentingnya konsumsi makanan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) bagi anak-anak sekolah.

“Melalui program Genius ini, kita tidak hanya ingin memastikan anak-anak mendapatkan makanan yang bergizi, tetapi juga memberikan pengetahuan kepada mereka tentang pentingnya pola makan sehat untuk mendukung perkembangan mereka secara optimal. Makanan yang seimbang dapat dilihat dari komposisi di atas piring, bagaimana kombinasi protein, karbohidrat, dan sayurannya,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengajak semua pihak, termasuk orang tua, TP PKK, pihak sekolah, dan pemerintah, untuk berkolaborasi dalam mengedukasi anak-anak tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

“Makanan bergizi tidak selalu mahal. Olahan makanan dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita, seperti umbi-umbian sebagai pengganti karbohidrat beras, dapat menjadi makanan B2SA yang layak dikonsumsi oleh anak-anak,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi atas kepercayaan yang diberikan kepada Padang Panjang sebagai tuan rumah peluncuran Program Genius, serta acara Lomba Olahan Pangan dan Pangan Got Talent.

“Keterlibatan anak-anak sekolah dalam kegiatan ini tentu membuat mereka lebih bersemangat dalam mempelajari dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Kegiatan ini sangat cocok dengan karakter Padang Panjang yang masih memiliki nuansa semi perkotaan, dengan ketersediaan susu perah dan pertanian organik,” jelas Sonny.

Peluncuran program Genius ini melibatkan 250 siswa Sekolah Dasar (SD) dari Padang Panjang, serta acara Pangan Got Talent yang diikuti oleh peserta dari delapan kabupaten/kota yang telah lolos seleksi.

Selain itu, terdapat Lomba Olahan Pangan yang melibatkan TP PKK dari 13 kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Tak hanya itu, Gebyar Pangan Murah juga diadakan dengan melibatkan UMKM dari Kota Padang Panjang.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Sumatera Barat, Harneli Bahar Mahyeldi, Plt Kepala Dinas Pangan Sumatera Barat, Forkopimda Padang Panjang, Ketua TP PKK se-Sumatera Barat, serta berbagai undangan lainnya.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait