Gubernur Sumatera Barat Tinjau Progres Akses Jalan ke Pelabuhan Teluk Tapang Pasaman Barat

Gubernur Sumatera Barat Tinjau Progres Akses Jalan ke Pelabuhan Teluk Tapang Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, melakukan inspeksi terhadap sarana dan prasarana Pelabuhan Air Bangis dan Pelabuhan Teluk Tapang di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Gubernur mengimbau masyarakat untuk aktif menjaga infrastruktur yang telah dibangun, termasuk akses jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang sepanjang 23,47 kilometer, yang saat ini telah selesai sepanjang 17,87 kilometer.

Mahyeldi memulai kunjungan kerjanya dengan menjadi khatib di Masjid Agung Baitul Ilmi, Simpang Empat.
Setelah itu, ia meninjau akses jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang yang dibangun oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Mahyeldi mengungkapkan kepuasannya terhadap kualitas jalan yang sudah dibangun.

“Hari ini kami bersama Kepala BPJN Sumbar melihat perkembangan akses jalan menuju Teluk Tapang. Ternyata pengerjaannya luar biasa, tidak hanya diaspal tetapi juga dibeton di kedua sisi jalan. Ini tentunya akan meningkatkan daya tahan jalan. Selain itu, banyak tanaman hijau yang ditanam untuk mencegah longsor,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menjelaskan bahwa pembangunan akses jalan menuju Teluk Tapang menggunakan anggaran sebesar Rp 216,5 miliar yang berasal dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk tahun anggaran 2022-2024.

Saat ini, jalan tersebut sudah teraspal sepanjang 17,87 kilometer, dengan beberapa titik lainnya masih dalam proses penimbunan dan penggalian.

“Kami akan mengusulkan tambahan dana sebesar Rp168 miliar, dan semoga prosesnya lancar. Kami juga meminta partisipasi semua pihak, terutama pemerintah kabupaten dan masyarakat, untuk melakukan gerakan penanaman pohon di sepanjang jalan ini guna melindungi tebing-tebing yang berpotensi longsor. Kami berharap jalan ini dapat terawat dan aman,” tambah Mahyeldi.

Mahyeldi menekankan bahwa akses jalan menuju pelabuhan tersebut sangat penting untuk menunjang intensitas perdagangan, terutama aktivitas pengangkutan CPO dari dan menuju Pelabuhan Teluk Tapang.

Pemprov Sumbar melalui Dinas Perhubungan berencana memulai pembangunan tangki timbun untuk kebutuhan pelabuhan pada tahun 2025.

Selain itu, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi juga telah menghibahkan tanah seluas 168 hektare untuk penambahan infrastruktur pelabuhan.

“Untuk kebutuhan lainnya, seperti listrik, kami akan berkoordinasi dengan PLN. Kami juga telah membangun SMK 1 Perkapalan dan Pertambangan Sungai Beremas, yang sekarang memiliki banyak siswa. Nantinya, para lulusan bisa langsung bekerja di Pelabuhan Air Bangis dan Pelabuhan Teluk Tapang,” lanjut Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala BPJN Sumbar, Thabrani, menyatakan bahwa ruas jalan Teluk Tapang adalah jalan provinsi yang dibangun oleh Kementerian PUPR melalui BPJN Sumbar.

Pembangunan ini dilakukan dalam paket pekerjaan jalan tahun anggaran 2022-2024 dengan anggaran sebesar Rp216,5 miliar, didanai oleh SBSN, dan dilaksanakan sepanjang 23,47 kilometer.

“Sampai hari ini, sepanjang 17,87 kilometer sudah teraspal dengan lebar jalan 6,00 meter dan lebar bahu jalan 1,50 meter. Sisanya 5,60 kilometer masih dalam tahap penggalian dan penimbunan menuju Teluk Tapang,” jelas Thabrani.

Thabrani menambahkan bahwa pengaspalan awalnya direncanakan selesai sepanjang 23,47 kilometer, namun karena kondisi tertentu, lapisan struktur desain jalan dari persimpangan GMK ke pelabuhan sepanjang 5,6 kilometer akan dibeton kembali dengan beton rigid untuk memastikan daya tahan jalan.

“Dengan terbangunnya jalan ini, diharapkan kawasan ini akan menjadi pusat pengembangan ekonomi baru dan kawasan investasi baru. Kami berharap ini akan membuka peluang usaha yang bisa dikembangkan di kawasan pelabuhan ini,” harapnya.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Sumbar, Hansastri; Kepala Bappeda, Medi Iswandi; Kepala Dinas Perhubungan, Dedi Diantolani; Kepala Dinas ESDM, Hery Martinus; Kepala Biro Adpim, Mursalim; Kepala Dinas BMCKTR, Era Sukma Munaf; Kepala Biro Umum Edi Dharma; Plt Dinas SDA BK Sumbar, Ahdiyarsyah; Sekda Kabupaten Pasaman Barat, serta jajaran Forkopimda Pasaman Barat.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait