Festival Siti Nurbaya ke-9 Resmi Ditabuh, Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah

Festival Siti Nurbaya ke-9 Resmi Ditabuh, Lestarikan Nilai Budaya dan Sejarah

TOPSUMBAR – Festival Siti Nurbaya (FSN) ke-9 secara resmi ditabuh, menandai rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Padang ke-355.

Acara ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, di Balai Kota Lama pada Jumat malam, 2 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu, Andree Algamar menjelaskan bahwa tema Hari Ulang Tahun Kota Padang ke-355 adalah “Sinergitas Blue Economy and Green Economy”.

Bacaan Lainnya

Tema ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat, termasuk komunitas, organisasi masyarakat, pelaku UMKM, seniman, serta pelajar SMA/SMK, SMP, dan taman kanak-kanak se-Kota Padang, dalam memeriahkan perayaan tersebut.

“Salah satu acara yang diadakan adalah Festival Siti Nurbaya. Siti Nurbaya merupakan cerita rakyat dari Ranah Minang. Untuk mengenang dan melestarikan nilai seni dan budaya yang ada, pemerintah kota Padang kembali menggelar acara ini dengan nuansa yang berbeda tahun ini,” kata Andree.

Andree berharap, melalui tema tersebut, Kota Padang dapat terus dikenal sebagai kota yang kaya sejarah serta menjaga dan merawat alam.

“FSN ke-9 diharapkan dapat menambah dan menggerakkan roda ekonomi UMKM, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Didi Aryadi, menyebutkan bahwa Festival Siti Nurbaya sebagai Pesta Rakyat bertujuan untuk meningkatkan minat dan daya tarik wisatawan ke Kota Padang.

“Festival ini menjadi media promosi yang meningkatkan nilai budaya dan diwariskan kepada generasi muda kota Padang, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara,” harapnya.

Didi juga merincikan rangkaian acara Hari Jadi Kota Padang yang diawali dengan Padang Trail Adventure pada 27 Juli lalu.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Festival Siti Nurbaya pada Jumat, 2 Agustus 2024, Art Therapy dan pameran Siti Nurbaya, tampilan seni Hologram 3D, lomba mewarnai TK, lomba makan bajamba, lomba ayam bakukuak dan ayam hias, serta penampilan seni live performance di Youth Centre Bagindo Aziz Chan pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Pada Minggu, 4 Agustus 2024, diisi dengan Art Therapy, pameran Siti Nurbaya, tampilan seni Hologram 3D, Padang Gowes Adventure, lomba solo sing, lomba fashion show, dan penampilan seni live performance di Youth Centre Bagindo Aziz Chan.

Lalu, pada Senin, 5 Agustus 2024 menampilkan Art Therapy, pameran Siti Nurbaya, tampilan seni Hologram 3D, nonton bareng film Siti Nurbaya, seminar bedah karya novel Siti Nurbaya, peresmian jalan Marah Rusli, dan pelepasan tukik.

Selasa, 6 Agustus 2024 akan ada penampilan pemenang video catatan sejarah, lesson lecturer BPBD bersama BMKG, peresmian Graha Hasan Basri Durin, pawai telong-telong, dan penutupan Festival Siti Nurbaya.

Kemudian pada Rabu, 7 Agustus 2024 akan diadakan rapat paripurna istimewa HJK Padang ke-355, pembukaan pameran dan expo, serta turnamen sepak bola antar Dinas Pendidikan se-Sumbar.

Lalu, pada Kamis, 8 Agustus 2024 diisi dengan donor darah, pameran dan expo, serta pembukaan MTQ dan tabligh akbar bersama Ustadz Muhammad Nur Maulana.

Pada Jumat, 9 Agustus 2024 akan ada peresmian Perpustakaan Masril Payan, ziarah makam Abu Bakar Jaar, serta anjangsana ke panti asuhan dan panti jompo.

Kemudian, acara akan ditutup pada Minggu, 11 Agustus 2024 dengan Padang Trail Adventure.

Pada malam Festival Siti Nurbaya, ditampilkan video mapping, mini operet Siti Nurbaya, peluncuran kartu e-money BNI, dan hiburan band yang turut memeriahkan HJK ke-355.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait