DWP Pasbar Gelar Pelatihan Kuliner Lokal, Tingkatkan Ekonomi Keluarga dan Lestarikan Kekayaan Daerah

DWP Pasbar Gelar Pelatihan Kuliner Lokal, Tingkatkan Ekonomi Keluarga dan Lestarikan Kekayaan Daerah

TOPSUMBAR – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar pelatihan pengolahan masakan lokal.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat perekonomian keluarga, tetapi juga untuk melestarikan kekayaan kuliner lokal.

Pelatihan yang berlangsung meriah ini dilaksanakan pada, Kamis (22/8/2024) di Aula Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Pasaman Barat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DWP Pasbar, Ny. Ayu Hendra Putra, Kepala DPPKBP3A, Anna Rahmadia, anggota DWP dari berbagai unit organisasi perangkat daerah (OPD) serta kecamatan di Pasaman Barat.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Pasbar Ny. Ayu Hendra Putra menyampaikan bahwa pelatihan ini digelar sebagai upaya nyata dalam meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi anggota.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan anggota DWP dalam mengolah pangan lokal yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga.

“Dengan kegiatan ini, anggota DWP baik itu di OPD maupun kecamatan termotivasi, agar lebih kreatif dan dapat menciptakan karya atau keterampilan baru yang bisa menambah pendapatan keluarga,” kata Ny. Ayu.

Dikesempatan itu juga, Ny. Ayu menekankan bahwa, keseriusan itu sangat penting dalam mengikuti pelatihan.

Menurutnya, ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Melalui pelatihan ini, ibu-ibu Dharma Wanita diharapkan dapat mengembangkan diri, tidak hanya bergantung pada suami, tetapi juga mandiri dalam menangkap peluang usaha untuk mengembangkan makanan lokal dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ajaknya lagi.

Ketua DWP Pasbar juga mengingatkan kepada seluruh anggota untuk terus berpartisipasi aktif dalam melaporkan setiap kegiatan melalui platform e-Reporting.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi berkelanjutan terhadap program-program yang telah dilaksanakan oleh DWP Pasbar.

Pelatihan yang terlaksana ini berupa pembuatan dan pengolahan makanan lokal yang khas, seperti sabo, yang berbahan dasar ikan hiu.

Pelatihan ini dipandu oleh Al Arif Rahman, seorang narasumber dari PT Janitra Jaya Mulia, yang dikenal memiliki keahlian khusus dalam pengolahan produk kuliner berbasis ikan.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para anggota DWP Pasbar mampu mengoptimalkan potensi kuliner lokal menjadi usaha yang mampu mendukung ekonomi keluarga, sekaligus melestarikan warisan kuliner Pasaman Barat untuk generasi mendatang,” harapnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait