DPS Ditanggapi Dingin Oleh Masyarakat Kabupaten Sijunjung

DPS Ditanggapi Dingin Oleh Masyarakat Kabupaten Sijunjung

TOPSUMBAR – KPU Sijunjung melakukan supervisi dan monitoring Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Sabtu, 24 Agustus 2024 ke sejumlah nagari.

Supervisi dan Monitoring ke sekretariat PPS, bertujuan untuk melihat proses tanggapan masyarakat terhadap DPS yang sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Sijunjung pada tanggal 11 Agustus 2024 lalu.

Setelah mengumpulkan lembar kerja monitoring dari masing-masing tim, diperoleh kesimpulan masih rendahnya respon masyarakat terhadap pengumuman DPS yang sudah ditempel di sekretariat PPS maupun tempat umum lainnya.

Bacaan Lainnya

Hal senada disampaikan Ketua PPS Kunangan Parit Rantang Jhoni Syukra.

“Sejak diumumkannya DPS hingga sekarang, memang belum ada masyarakat yang datang untuk menyampaikan tanggapan,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua PPK Kamang Baru Herman, “Bahwa kecenderungan masyarakat terhadap pengumuman DPS memang kurang mendapat perhatian, hal ini terjadi bukan karena masyarakat tidak peduli, namun data DPS yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Sijunjung sudah hampir mengakomodir seluruh pemilih yang ada di TPS di kenagarian tersebut,” ujarnya.

“Jika nanti setelah rentang masa tahapan tanggapan masyarakat ini ada masyarakat pemilih yang belum masuk dalam DPS, kita akomodir,” ujar Ketua PPK Tanjung Gadang Anjasmara dan anggota PPK lainnya.

KPU, PPK, PPS tetap akan memfasilitasi dalam pemutakhiran daftar pemilih sementara dan begitu juga dengan data pemilih TMS karena meninggal, pindah dan lainnya.

Pemutakhiran juga dapat difasilitasi dengan membawa data dukung dan bukti sesuai aturan yang berlaku.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait