DPRD Sumbar Adakan Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan HUT RI ke-79 oleh Presiden, Jokowi

DPRD Sumbar Adakan Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan HUT RI ke-79 oleh Presiden, Jokowi

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

Pidato tersebut disiarkan langsung melalui media televisi dari ruang rapat utama DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Sidang paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, yang didampingi oleh para wakil ketua dan sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam sidang tersebut Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, anggota DPRD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tamu undangan, serta Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Sumatera Barat.

“Sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan oleh Sekretaris Negara, pada pukul 10.00 WIB pagi ini, kita akan mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja para lembaga negara. Serta Pidato Kenegaraan Peringatan HUT RI ke-79,” ujar Supardi mengawali sambutannya.

Pada kesempatan itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan dua pidato di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pidato pertama disampaikan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Sidang tersebut dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Dalam pidato pertamanya, Jokowi memaparkan Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara serta Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 RI.

Tanggal 17 Agustus 1945, Bangsa Indonesia telah mengumumankan kemerdekaannya menjadi sebuah negara yang merdeka, bebas dari belenggu penjajahan, serta berdiri sendiri diatas kakinya.

Kemerdekaan tersebut tentu tidak diperoleh dengan mudah, namun penuh dengan pengorbanan.

Oleh karena itu, Supardi mengajak khususnya seluruh Masyarakat Sumbar agar tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam memerdekakan bangsa ini.

“Kita harus terus berjuang dalam mengisi kemerdekaan untuk kejayaan Negara kita, Indonesia. Di usianya yang ke-79 tahun, cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang maju dan sejajar dengan bangsa yang lain masihlah belum tercapai. Masih banyak yang harus kita kerjakan dalam mewujudkan cita-cita proklamasi itu,” jelas Supardi.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 WIB, DPRD Provinsi Sumatera Barat kembali menggelar sidang paripurna untuk mendengarkan pidato kedua Presiden Jokowi pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam pidato ini, Presiden Jokowi memfokuskan pada Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025, beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung lainnya.

“Sejalan dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024 yakni, ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’, maka marilah kita tingkatkan kebersamaan, kekompakan, serta teruslah berjuang untuk menjadikan negara dan daerah kita maju dengan masyarakatnya sejahtera,” ajaknya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait