DPRD Kota Padang Perkuat Fungsi Pengawasan dan Jalin Kemitraan dengan Media

DPRD Kota Padang Perkuat Fungsi Pengawasan dan Jalin Kemitraan dengan Media

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang merasakan tantangan dalam menjalankan fungsi pengawasan pada periode jabatan 2019-2024.

Banyak masyarakat merasa enggan menyampaikan aspirasi karena kekhawatiran akan tidak diperjuangkan dengan baik, yang pada akhirnya dianggap membuang waktu, tenaga, dan pikiran.

Menanggapi hal ini, Ketua Sementara DPRD Kota Padang, Ustad Muharlion dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), berkomitmen untuk melakukan perbaikan.

Bacaan Lainnya

Pada rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Kota Padang periode 2024-2029 yang berlangsung pada Rabu, 14 Agustus 2024, Muharlion menegaskan pentingnya pembenahan.

“Dari 45 anggota DPRD Kota Padang yang baru dilantik, setengahnya adalah anggota lama yang telah menjabat beberapa periode, sementara sisanya adalah anggota baru,” ungkap Muharlion.

“Sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang, DPRD Kota Padang harus bekerja secara efektif sebagai mitra Pemerintah Kota Padang dengan menjalankan fungsi legislasi, budgeting, dan pengawasan dengan baik.”

Lebih lanjut, Muharlion menekankan pentingnya komunikasi dalam parlemen.

“Parlemen itu kan asal katanya dari ‘parle’ yang berarti berbicara. Jadi, kalau tidak berbicara, artinya tidak menjalankan tugas. Kebijakan pemerintah kota yang baik harus kita dukung, namun jika menyimpang dari aturan, kawan-kawan tentu akan mengkritisinya,” tegasnya.

Sifat kritis anggota dewan, jelas Muharlion, bertujuan untuk kebaikan bersama, terutama dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di Kota Padang.

“Kritik yang diberikan bukan karena kebencian, melainkan untuk kebaikan bersama Kota Padang,” imbuhnya.

Dalam hal pengawasan, Muharlion menjelaskan bahwa komisi-komisi di DPRD Kota Padang harus berfungsi dengan optimal karena mereka memiliki mitra kerja.

“Kami berharap pimpinan komisi ke depan adalah mereka yang mampu menjalankan fungsi pengawasan dengan baik,” tuturnya.

Muharlion juga berkomitmen untuk membahas peran media sebagai mitra DPRD dalam melaksanakan fungsi pengawasan.

“Media memiliki fungsi yang sangat strategis, sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa wakil mereka di DPRD memperjuangkan aspirasi mereka,” katanya.

Untuk itu, Muharlion menyatakan bahwa DPRD Kota Padang akan mencari format terbaik dalam menjalin kemitraan dengan media.

“Kami akan membahas fungsi media ini bersama Sekretaris Dewan dan Kepala Bagian Humas, agar peran media dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait