Dishub Kota Pariaman Perkenalkan Program Salud kepada Anak-Anak TK/KB

Dishub Kota Pariaman Perkenalkan Program Salud kepada Anak-Anak TKKB

TOPSUMBAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman meluncurkan program Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) untuk anak-anak Taman Kanak-Kanak/Kelompok Bermain (TK/KB) di wilayah tersebut.

Kegiatan perdana ini berlangsung di halaman Dishub Kota Pariaman, Kompleks Terminal Jati, pada Senin 26 Agustus 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Afwandi, menyatakan bahwa program Salud adalah bagian dari inisiatif Pendidikan Kementerian Perhubungan yang wajib dilaksanakan hingga ke tingkat daerah.

Pada peluncuran pertama ini, program diperkenalkan kepada 60 anak TK/KB Al Abrar Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

“Kami memperkenalkan berbagai rambu lalu lintas dengan cara yang menarik tanpa menghilangkan maknanya, sehingga mudah diingat oleh anak-anak,” jelas Afwandi.

Selain itu, anak-anak juga diajak untuk menyanyikan lagu tentang cara menyeberang jalan dengan benar, sambil mempraktikkan setiap pesan yang terkandung dalam lagu tersebut.

Afwandi menambahkan, kegiatan ini tidak hanya mendukung program Kementerian Perhubungan, tetapi juga bertujuan untuk menanamkan kesadaran berlalu lintas sejak usia dini.

“Kami juga menyertakan materi kreatif lainnya dan memberikan door prize bagi anak-anak yang aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala TK/KB Al Abrar Cubadak Air, Yasni menyambut baik program ini. Menurutnya, kegiatan ini membuat anak-anak lebih bersemangat dalam mengenal rambu-rambu lalu lintas.

“Anak-anak kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak hanya banyak bertanya, tetapi juga antusias menjawab pertanyaan dari pemateri. Ini sangat sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, terutama yang berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas,” katanya.

Yasni berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan setiap tahun agar anak-anak semakin memahami pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

“Pengalaman ini diharapkan dapat membekas di hati mereka dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait