Dinkes Kota Payakumbuh Kunjungi Puskesmas Air Santok Kota Pariaman untuk Kaji Tiru Pelaksanaan ILP

Dinkes Kota Payakumbuh Kunjungi Puskesmas Air Santok Kota Pariaman untuk Kaji Tiru Pelaksanaan ILP

TOPSUMBAR – Puskesmas Air Santok di Kota Pariaman kembali mendapat kunjungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka kaji tiru pelaksanaan Puskesmas Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Ini merupakan kunjungan ke-14 dari kabupaten/kota di Sumatera Barat yang datang untuk belajar ke Puskesmas Air Santok, dan kunjungan ketiga kalinya untuk Kota Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Rombongan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh ini disambut oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Hendri, bersama Kabid Kesmas Dinkes Kota Pariaman, Susrikawati, beserta jajarannya.

Turut hadir Camat Pariaman Timur, M. Arif Gunawan, Kepala Desa Cubadak Mentawai, Azwirman, Kepala Puskesmas Air Santok, Isneli Warni, dan seluruh staf Puskesmas Air Santok.

“Kami menyambut baik kunjungan ini, terutama karena Puskesmas Air Santok telah menjadi model pelayanan kesehatan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat melalui penerapan ILP yang mencakup layanan untuk seluruh siklus kehidupan, mulai dari bayi, balita hingga lansia,” kata Hendri.

Rombongan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh yang hadir termasuk Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris, dan seluruh Kabid Dinkes Kota Payakumbuh, seluruh Camat dan Lurah se-Kota Payakumbuh, serta seluruh Kepala Puskesmas dan Kepala TU se-Kota Payakumbuh, dengan total 45 orang.

“Puskesmas Air Santok juga selalu diikutsertakan dalam perencanaan ILP oleh Kementerian Kesehatan melalui Zoom biweekly ILP dengan Menteri Kesehatan. Pada pertemuan biweekly terakhir pada 31 Juli 2024, kami mendapat informasi tentang buku pedoman kerja puskesmas ILP yang saat ini sedang dalam proses penyusunan oleh Kemenkes,” tambah Hendri.

Hendri juga menyebutkan bahwa buku ini rencananya akan diluncurkan pada bulan September 2024. Buku ini diharapkan akan membantu puskesmas-puskesmas di Provinsi Sumatera Barat dalam penyempurnaan pelaksanaan Puskesmas ILP di daerah masing-masing.

Kepala Puskesmas Air Santok, Isneli Warni, bersama Andriani menyampaikan tentang pelaksanaan dan perkembangan ILP yang telah berjalan sejak tahun 2023.

“Terlebih lagi, sejak memperoleh Akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2023, Puskesmas Air Santok telah ditetapkan sebagai puskesmas percontohan terbaik di Sumatera Barat,” ujar Isneli.

Isneli berharap bahwa kunjungan kaji tiru Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh ini dapat menjadi kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

“Kami berharap implementasi Puskesmas ILP dapat mendukung transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada ILP di wilayah tersebut ke depannya,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait