Deri-Sesni Resmi Mendaftar sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto 2024-2029 di Hari Terakhir

Deri-Sesni Resmi Mendaftar sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto 2024-2029 Dihari Terakhir

TOPSUMBAR – H. Deri Asta, Wali Kota petahana yang sebelumnya berpasangan dengan H. Zohirin Sayuti pada periode 2018-2023, kini resmi mendaftar sebagai calon Wali Kota Sawahlunto untuk periode 2024-2029 dengan menggandeng Desni Seswinari sebagai calon Wakil Wali Kota.

Diketahui, Desni merupakan istri dari Rico Alviano, Anggota DPR-RI terpilih periode 2024-2029 dari Dapil 1 Sumbar.

Pada hari pertama pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto, Selasa, 27 Agustus 2024, tidak ada satupun pasangan yang mendaftarkan diri ke KPU Sawahlunto.

Bacaan Lainnya

Hari tersebut tampaknya belum dianggap sebagai momen yang tepat bagi pasangan calon untuk mendaftar.

Pada hari kedua, Rabu, 28 Agustus 2024, pasangan muda Riyanda Putra dan H. Jeffry Hibatullah mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Pasangan kawula muda ini merupakan penantang dari pasangan petahana dalam kontestasi politik di Sawahlunto.

Kemudian, pada hari terakhir pendaftaran, Kamis, 29 Agustus 2024, pasangan calon Deri Asta-Desni Seswinari resmi mendaftarkan diri ke KPU Sawahlunto.

Sebelum menuju KPU, pasangan ini menggelar orasi politik di Kampung Teleng, Kelurahan Pasar, bersama Ketua dan jajaran partai pengusung dan simpatisan mereka.

Deri Asta, yang juga Ketua DPD PAN Sawahlunto dengan 4 kursi di DPRD, berkoalisi dengan PPP yang juga memiliki 4 kursi dan dipimpin oleh Adi Ikhtibar, serta PKB dengan 2 kursi yang diketuai oleh Ronny Eka Putra alias Embong.

Saat ini, koalisi ini menguasai 50 persen dari total 20 kursi di DPRD Kota Sawahlunto. Selain itu, mereka juga didukung oleh partai-partai seperti Partai Ummat, PSI, dan Hanura.

Pada deklarasi yang digelar di Kampung Teleng, pasangan Deri-Sesni diarak dalam sebuah konvoi besar menuju Muaro Kalaban-Silungkang, kemudian mengitari Pasar Remaja Sawahlunto.

Dari pusat pasar, rombongan melanjutkan perjalanan ke Sijantang-Talawi-Kolok, dan akhirnya tiba di Kantor KPU Sawahlunto, dengan pengawalan ketat dari TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub, dan elemen terkait.

Setelah resmi mendaftar di KPU, pasangan Deri-Sesni menggelar konferensi pers yang dipandu oleh Ketua PPP Sawahlunto, Adi Ikhtibar.

Dalam pidatonya, Deri Asta menekankan visi dan misi pasangan ini untuk menyempurnakan dan melanjutkan program-program yang sudah dijalankan pada periode sebelumnya. Pidatonya sempat terhenti sejenak saat Adzan Ashar berkumandang.

Pasangan ini juga didampingi oleh Rico Alviano, anggota DPR-RI terpilih dari PKB. Setelah pendaftaran, Ketua KPU Sawahlunto, Hamdani, beserta jajarannya, turut mengadakan konferensi pers di halaman KPU.

Kedua pasangan calon ini dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Unand dalam waktu dekat.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait