Bupati, Safaruddin Buka Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan 28 Calon Paskibraka Lima Puluh Kota 2024

Bupati, Safaruddin Buka Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan 28 Calon Paskibraka Lima Puluh Kota 2024

TOPSUMBAR – Dua belas hari menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota terus melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya adalah pemusatan pendidikan dan pelatihan untuk 28 siswa-siswi dari berbagai SMA, SMK, dan MA yang akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara 17 Agustus mendatang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati, Safaruddin di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, pada Senin, 5 Agustus 2024.

Bacaan Lainnya

Pembukaan ditandai dengan penyematan kokarde dan pemasangan seragam oleh Bupati.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Davli, Kepala Badan Kesbangpol Elsiwa Fajri, para pelatih dan pembina, Purna Paskibraka Lima Puluh Kota, serta guru dan orang tua calon Paskibraka.

Dalam sambutannya, Safaruddin menekankan pentingnya peran 28 pelajar tersebut yang berasal dari berbagai latar belakang untuk memikul tanggung jawab besar dalam mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih.

“Pasukan Paskibraka telah melalui berbagai seleksi dan latihan, diharapkan proses tersebut dapat memberikan pembelajaran bagi para anggota dalam memperlakukan bendera merah putih sebagai lambang kebanggaan dan identitas kenegaraan serta sikap disiplin, cinta tanah air, dan rela berkorban,” ujar Safaruddin.

Safaruddin juga menegaskan agar para calon Paskibraka mengikuti seluruh rangkaian proses pelatihan dengan sungguh-sungguh dan tidak menganggapnya sebagai kegiatan rutinitas belaka.

“Kepada panitia dan tim seleksi, saya minta dan tegaskan, laksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai aturan serta penuh tanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Elsiwa Fajri menyampaikan bahwa pasukan Paskibraka terdiri dari 28 pelajar yang telah lolos seleksi sejak awal tahun 2024.

“Paskibraka Lima Puluh Kota terdiri dari 15 putra dan 13 putri pilihan yang akan bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2024 nanti di GOR Singa Harau. Selain itu, tiga anggota Paskibraka Kabupaten Lima Puluh Kota juga akan bertugas di tingkat provinsi,” jelas Fajri.

Ia berharap, melalui persiapan maksimal yang telah dilaksanakan, upacara peringatan HUT RI ke-79 dapat berjalan lancar dan sukses.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait