Bupati Pesisir Selatan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Lumpo

Bupati Pesisir Selatan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Lumpo

TOPSUMBAR – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, secara resmi memulai pembangunan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Lumpo di Kecamatan IV Jurai dengan melakukan peletakan batu pertama pada Senin, 19 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda, kepala perangkat daerah, camat, walinagari, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rusma Yul Anwar menegaskan bahwa pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, seperti Puskesmas Lumpo, adalah bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Peningkatan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan,” ujarnya.

Bupati juga menekankan bahwa pemerintah daerah berusaha keras membangun infrastruktur yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, termasuk pembangunan Puskesmas Lumpo ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Agustina Rahmadani, menjelaskan bahwa pada tahun 2024, Kabupaten Pesisir Selatan akan membangun enam puskesmas, termasuk Puskesmas Lumpo.

Menurutnya, Kabupaten Pesisir Selatan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 33,7 miliar lebih untuk tahun ini.

“DAK tersebut dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur kesehatan seperti puskesmas, pengadaan mobil ambulans, penyediaan sarana air bersih, rehabilitasi Puskesmas Pembantu (Pustu), dan lain-lain,” kata Agustina.

Agustina juga mengungkapkan bahwa Puskesmas Lumpo akan dibangun di atas tanah seluas 3.329 meter persegi, yang dibeli oleh pemerintah daerah dari masyarakat setempat.

Total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Puskesmas Lumpo, termasuk pengadaan tanahnya, mencapai lebih dari Rp 4,9 miliar.

Zainal Datuak Rajo Mato, seorang tokoh masyarakat Lumpo, menyampaikan bahwa pembangunan Puskesmas Lumpo telah menjadi harapan masyarakat sejak lama.

Puskesmas yang ada saat ini sudah tidak layak digunakan, sehingga kehadiran puskesmas baru sangat dinantikan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Rusma Yul Anwar atas inisiatif pembangunan Puskesmas Lumpo. Kami berharap puskesmas baru ini akan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Lumpo,” ujar Zainal.

Selain itu, masyarakat juga berharap adanya penambahan tenaga kesehatan dan dokter spesialis di Puskesmas Lumpo agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan komprehensif.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait