Bupati Lima Puluh Kota Ajak Pelajar SMAN 1 Harau Miliki 3 Kecerdasan untuk Menjaga Budaya Minangkabau

Bupati Lima Puluh Kota Ajak Pelajar SMAN 1 Harau Miliki 3 Kecerdasan untuk Menjaga Budaya Minangkabau

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menegaskan pentingnya pelajar Minang Kabau memiliki tiga jenis kecerdasan yakni, intelektual (IQ), emosional (EQ), dan spiritual (SQ).

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembina upacara di SMAN 1 Harau pada Senin, 5 Agustus 2024.

Dalam upacara yang dipimpin oleh siswa kelas X E 3, Sultan Eriansyah, Safaruddin menekankan bahwa ketiga kecerdasan ini akan membantu siswa berperan sebagai bagian dari ‘Tigo Tungku Sajarangan’ yaitu, Niniak Mamak, Alim Ulama, dan Cadiak Pandai, serta menjaga adat budaya alam Minang Kabau di era digital.

Bacaan Lainnya

Safaruddin menekankan bahwa kita saat ini berada di era digitalisasi, di mana teknologi dan informasi berkembang sangat cepat.

Ia berpesan kepada para pelajar untuk belajar dengan sungguh-sungguh, menghormati guru, dan tidak menyia-nyiakan perjuangan orang tua.

“Jadilah orang yang menguasai ilmu pengetahuan dan siap menghadapi tantangan zaman,” ujar Safaruddin.

Dalam sambutannya, Safaruddin juga menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk pelayanan administrasi kependudukan.

Program “Dukcapil Goes to School” diharapkan dapat mempermudah para pelajar dalam mengurus dokumen kependudukan tanpa harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Penerapan teknologi informasi dalam pelayanan publik adalah keharusan. Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Disdukcapil terus berupaya meningkatkan integrasi sistem administrasi kependudukan, salah satunya dengan Identitas Kependudukan Digital,” jelas Safaruddin.

Aini, seorang siswa SMAN 1 Harau, menyambut baik program tersebut.

Ia merasa terbantu dengan kehadiran Disdukcapil di sekolah, yang memudahkan pelajar untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

“Kami tidak perlu meninggalkan pelajaran untuk mengurus E-KTP dan tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil,” ujar Aini yang baru saja berulang tahun ke-17 pada Juni 2024 lalu.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait