Bupati Kuansing, Suhardiman Amby Irup Peringatan HUT ke-79 RI di Teluk Kuantan

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby Irup Peringatan HUT ke-79 RI di Teluk Kuantan

TOPSUMBAR – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan, pada Sabtu pagi, 17 Agustus 2024.

Upacara tahun ini mengusung tema besar dengan slogan “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Upacara berlangsung khidmat dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat serta jajaran pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi.

Bacaan Lainnya

Dalam pantauan media, ada hal yang menarik perhatian pada upacara tahun ini, yakni seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia.

Misalnya, Penjabat Sekretaris Daerah, dr. Fahdiansyah, mengenakan pakaian adat Batak Toba, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hendra Roza dengan pakaian adat Minangkabau, dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Erizon, yang tampil dalam pakaian adat Kalimantan Timur.

Dalam pidatonya, Bupati, Suhardiman Amby menekankan pentingnya tema upacara tahun ini, “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Ia menyampaikan bahwa tema ini relevan dengan situasi terkini di Indonesia, yang sedang menghadapi tiga momen penting, yaitu persiapan ibu kota baru, transisi kepemimpinan nasional, dan perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

“Proklamasi Kemerdekaan HUT RI kali ini mengusung tema besar yang menyesuaikan dengan kondisi terkini negara kita. Tema ini bertepatan dengan tiga momentum penting, yakni menyongsong ibu kota baru, pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Suhardiman.

Ia juga menambahkan bahwa peringatan HUT RI ke-79 ini merupakan masa transisi yang signifikan bagi Indonesia, sekaligus menjadi batu loncatan dalam sejarah bangsa.

Momen ini, menurutnya, harus dimaknai sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan dan menjaga warisan para pahlawan bangsa.

“Momen yang sangat penting bagi kita bangsa Indonesia, di mana kita telah merdeka selama 79 tahun. Ini adalah hasil perjuangan para pahlawan, dan kita sebagai generasi penerus harus bersyukur serta berusaha menjaga kemerdekaan ini sebagai warisan masa depan,” pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kuansing Adam, Wakil Ketua I Darmizar, Wakil Ketua II Juprizal, beserta seluruh anggota DPRD Kuansing, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Sugito, Kepala Pengadilan Negeri, Kajari Nurhadi Puspandoyo, Kepala Lapas, serta tokoh adat dan masyarakat yang turut meramaikan upacara di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan.

(YS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait