Bupati Kuansing Luncurkan Penggalangan Dana untuk Pembuatan Jalur Ular Putiah Linggo Biso

Bupati Kuansing Luncurkan Penggalangan Dana untuk Pembuatan Jalur Ular Putiah Linggo Biso

TOPSUMBAR – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby, melaksanakan kegiatan melayur jalur dan penggalangan dana untuk pembuatan Jalur Ular Putiah Linggo Biso di Desa Pulau Kulur, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang pada Sabtu malam (10/08/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Kuansing dan bertujuan untuk meringankan biaya pembuatan jalur.

Dalam sambutannya, Suhardiman menjelaskan bahwa melayur jalur adalah tradisi penting dalam proses pembuatan jalur yang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Kuansing.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menggalang dana sebagai bentuk gotong royong dalam menyelesaikan biaya pembuatan jalur, yang sebagian dananya juga disediakan melalui hibah dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Penggalangan dana dalam kegiatan melayur jalur menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong royong yang kuat, tanpa adanya unsur paksaan dan tanpa penetapan jumlah sumbangan yang ketat,” ujar Bupati, Suhardiman.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Kuansing untuk terus menjaga dan melestarikan budaya tradisi ini agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Menurutnya, pacu jalur, sebagai salah satu tradisi lokal, kini semakin dikenal di tingkat nasional dan berpotensi mendatangkan banyak pengunjung, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada perekonomian lokal.

Ketua Panitia Jalur menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Bupati Kuansing, yang dinilai sangat membantu dalam penggalangan dana serta memperoleh dukungan dari pemerintah melalui Dinas Pariwisata.

Sebelum acara berakhir, Suhardiman juga menanggapi permintaan warga terkait bantuan benih, dan memastikan bahwa permintaan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait.

Suhardiman berhasil mengumpulkan sekitar Rp 100 juta, melebihi kekurangan dana yang dibutuhkan sebesar Rp 98 juta.

Hadir dalam acara tersebut adalah Staf Ahli, Staf Khusus, beberapa Kepala Perangkat Daerah, Kabag Umum, Camat Kuantan Hilir Seberang, serta Forkopimcam dan pejabat lainnya.

(YS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait